Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, August 30, 2016

Waktu Paling Efektif Memaster Cucak Ijo Menggunakan MP3

Tipsburung.com - Saat ini, banyak penghobi burung yang memaster burung peliharannya, termasuk cucak ijo, tidak lagi menggunakan burung master sebagaimana dulu. Mereka secara besar-besaran sudah banyak yang memanfaatkan suara atau audio burung yang kemudian diperdengarkan pada burung-burung kesayangannya sebagai masteran. 

sumber: www.trubus-online.co.id

Hal ini tentu saja lebih murah karena mereka tidak usah membeli burung master yang tentunya akan menghabiskan dana berlipat. Selain itu, cara ini juga lebih efektif karena mereka tidak perlu repot lagi mengurus dan merawat burung master.

Dalam pelaksanaannya, antara pemasteran menggunakan burung master dengan menggunakan suara burung atau yang lebih populer Mp3 sangat berbeda. Pemasteran menggunakan burung asli jauh lebih cepat terekam oleh cucak ijo sehingga burung cucak ijo anda bisa langsung ditempel dengan burung master.

Sedangkan pemasteran menggunakan Mp3 kadang kala harus dilakukan dengan beberapa strategi supaya bisa ditiru oleh cucak ijo dengan sempurna karena akan lebih sulit diterima oleh cucak ijo. Hal ini mungkin disebabkan karena suara pada Mp3 tidak sama dengan suara burung aslinya.

Waktu pemasteran adalah hal yang sangat penting dalam menentukan masuk maksimal dan tidaknya pemasteran menggunakan Mp3 yang Anda berikan. Sebab waktu pemasteran berperan penting karena berkaitan dengan gelombang otak. Burung dengan kondisi yang lebih hening akan lebih cepat menerima dan merekam suara masteran dengan lebih cepat.

Sedangkan pemasteran dalam kondisi yang kurang kondusif, selain bisa membuat masteran tidak sempurna juga bisa gagal. Sekalipun konon cucak ijo adalah burung peniru yang sangat ulung namun jika kondisi kurang mendukung, cucak ijo tetap tidak bisa menirukannya dengan baik.

Untuk itu, ketahui waktu terbaik untuk memaster burung cucak ijo ini supaya pemasteran yang Anda berikan lebih efektif sebagaimana berikut.

Menjelang tidur
Waktu menjelang tidur adalah jam yang paling baik dalam mempedengarkan suara masteran pada burung. Karenanya, sesaat setelah burung diberikan makan sore dan dikondisikan di dalam ruangan, Mp3 boleh dinyalakan dan baru boleh dimatikan setelah jam 9 ke atas. Hal ini bertujuan supaya burung bisa istirahat dengan tenang.

Pagi hari
Pagi-pagi sekali, juga termasuk waktu yang paling baik untuk memperdengarkan suara Mp3 pada burung. Sebab jam tersebut adalah waktu di mana kondisi otak burung dalam kondisi fresh sehingga akan lebih mudah dalam merekam suara masteran. Untuk itu, jam 5 pagi Anda sudah bisa menyalakan Mp3 tersebut dan diperdengarkan pada burung cucak ijo Anda.

Setelah jemur
Jam 7 hingga jam 10 adalah waktu yang paling baik untuk menjemur burung karena sinar matahari pada jam tersebut menyehatkan. Karenanya, Anda sangat disarankan untuk menjemur cucak ijo Anda setiap hari pada jam-jam tersebut. Setelah itu, burung bisa diangkat untuk dimasukkan kembali ke dalam rumah.

Pada saat itulah, Anda sangat disarankan untuk mempedengarkan suara masteran pada cucak ijo Anda. Sebab jam tersebut adalah waktu di mana otak burung dalam kondisi nyaman dan tenang. Sambil istirahat, burung akan menyimak dan merekam suara masteran dengan lebih cepat karena suara masteran lebih mudah dicerna oleh burung.

Demikian waktu yang paling baik dalam memaster burung cucak ijo Anda. Dengan memperhatikan ketiga waktu di atas, diharapkan burung cucak ijo Anda bisa menerima suara masteran dengan lebih cepat serta direkam dengan sempurna.

Waktu Paling Efektif Memaster Cucak Ijo Menggunakan MP3 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment