Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 9, 2016

3 Cara Memaksimalkan Ngentrok dan Jambul Cucak Ijo di Lapangan

Tipsburung.com - Ada kalanya, burung cucak ijo ketika ditrek atau dilombakan kurang ngentrok dan jambul. Bahkan dalam beberapa kasus, meskipun burung cucak ijo gacor dan nembak-nembak di lapangan, namun kadang kala tidak ngentrok dan jambul sama sekali.

Melihat permasalah ini tentu saja kadang merasa kebingungan, apalagi bagi Anda yang pemula. Bukan hanya bingung mencari solusi namun juga bingung karena belum tahu penyebabnya.


Cucak Ijo ngentrok jambul (source: play.tojsiab.com)

Jika ada kasus burung cucak ijo yang kurang jambul dan ngentrok saat digantang seperti ini, sudah pasti itu karena masalah birahi yang kurang pas. Karenanya, beberapa tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda.

Terapi mandi air es
Bagi sebagian orang, memandikan burung dengan air es tentu saja sangat ekstrem. Namun bagi Anda yang sudah mempunyai pengalaman lebih dalam dunia perburungan, tentu saja hal ini bukan hal baru. Sebab, sudah sejak lama air es dijadikan media terapi untuk mengatasi berbagai permasalahan pada burung berkicau.

Nah, untuk mengatasi burung cucak ijo yang tidak full ngentrok dan jambul, terapi air es bisa dilakukan. Caranya adalah pada pagi hari sekitar jam 8-9, burung cucak ijo bisa dimandikan dengan air es ini dengan menggunakan semprotan. Sebab, jika menggunakan keramba, sudah pasti burung enggan mandi karena sangat dingin.

Mandi air es ini tidak dilakukan setiap hari namun hanya dua kali dalam seminggu. Dan pastikan, air es ini harus dicampur dengan air biasa sebelumnya sehingga air tidak benar-benar sangat dingin. Adapun jika dilakukan perbandingan, banyaknya takaran air es dengan air biasa adalah 50:50 %.

Jika air es terlalu banyak, bisa berisiko burung sangat kedinginan. Sedangkan jika air es terlalu sedikit, terapi yang Anda lakukan kurang maksimal. Karenanya, Anda harus melakukan takaran seperti di atas supaya terapi yang Anda lakukan sangat efektif.

Mandi air es lagi sebelum digantang
Mandi air es tidak hanya dilakukan dengan teknik di atas (baca: dua kali seminggu). Sebelum digantang, burung cucak ijo yang kurang ngentrok dan jambul ini juga harus dimandikan menggunakan air es. Adapun waktu yang paling direkomendasikan adalah saat malam hari menjelang lomba. Jika Anda hendak melombakan cucak ijo ini pada hari minggu, maka mandi air es ini dilakukan pada malam minggu.

Namun ada hal yang harus Anda pahami sebelum melakukan terapi ini. Berbeda dengan teknik di atas, mandi air es pada malam hari menjelang lomba dilakukan hanya sebatas bulu burung basah saja. Sebab, malam hari adalah waktu di mana cuaca biasanya sangat dingin. Jika sampai burung cucak ijo dimandikan air es sampai lepek, hal ini sangat berisiko pada kesehatan burung. Bahkan burung juga berisiko gembos esok harinya di lapangan.

Embunkan sebelum digantang
Setelah malam harinya burung cucak ijo dimandikan menggunakan air es, maka pada pagi hari menjelang lomba, burung ini harus diembunkan. Pengembunan yang ideal dimulai setelah habis subuh, atau saat fajar mulai muncul.

Selama diembunkan, biarkan burung menikmati kehangatan cuaca pagi sampai terbit matahari. Setelah itu, burung bisa langsung diangkat dari pengembunan. Selanjutnya berikan jangkrik sesuai setelan lomba lalu kerodong dan masukkan ke dalam rumah untuk disiapkan lomba.

Demikian cara memaksimalkan burung cucak ijo supaya bisa ngentrok dan jambul maksimal saat berlaga di lapangan. Dengan teknik ini, diharapkan burung Anda tidak hanya gacor namun juga bisa tampil memesona dengan gaya ngentrok dan jambulnya yang full alias maksimal.

3 Cara Memaksimalkan Ngentrok dan Jambul Cucak Ijo di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment