Blog Burung | Tutorial Burung

Sunday, September 11, 2016

3 Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Batuk

Tipsburung.com - Salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh penghobi maupun pemain cucak ijo adalah burung sering batuk. Kondisi ini bisa mengurangi kerajinan dan performa burung cucak ijo di lapangan.

Burung cucak ijo yang batuk di atas sebenarnya sebuah kondisi di mana burung sedang mengalami flu dan pilek. Jika burung cucak ijo mengalami kondisi seperti ini, suara juga akan menjadi berat, serak, dan kurang plong. 


 source: ArieKicaumaniaJogja/KOMUNITAS CUCAK IJO

Hal di atas disebabkan karena dalam tenggorokan dan saluran pernapasan terdapat lendir akibat flu dan pilek. Nah, lendir inilah yang menyebabkan burung cucak ijo sering bersin yang terdengar seperti suara batuk.

Flu dan pilek pada burung cucak ijo bisa disebabkan oleh virus RNA. Serangan virus ini selain ditandai beberapa kondisi di atas, burung juga akan terlihat kurang sehat, seperti nyekukruk, bulu mengembang, kurang licah, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah ini, anda bsia mengobatinya dengan obat-obatan yang sudah banyak beredar di pasaran. Sedangkan jika anda inging mengobati secara alami, Anda bisa melakukan dua hal berikut.

Rajin diembunkan
Jika ingin burung cucak ijo anda terbebas dari batuk-batuk atau flu dan pilek, pengembunan di pagi hari adalah hal yang perlu anda coba. Sebab, pada waktu pagi adalah waktu di mana udara sedang dalam kondisi terbaik.

Udara yang sangat baik ini bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan burung, seperti asma, batuk, flu, dan pilek. Karenanya, dengan melakukan pengembunan setiap pagi, bisa membantu menyembuhkan batuk atau pilek atau flu burung.

Pengembunan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, setelah waktu subuh, antara jam 4;30 WIB sampai 06:00 WIB. Pengembunan ini harus dilakukan di tempat terbuka alias di bawah langit langsung. Sebab, bukan hanya cuaca dan udara pagi yang sangat penting dalam pengembunan ini namun juga embun.

Saat melakukan pengembunan, pastikan lingkungan anda sangat aman, baik dari gangguan binatang buas maupun maling.

Berikan air larutan
Jika pada hari-hari biasa anda menggunakan air biasa sebagai air minum burung cucak ijo anda, coba ganti dengan air larutan. Air ini selain bisa menyembuh panas dalam, juga bisa melegakan tenggorokan dengan cara menghilangkan lendir yang terdapat dalam tenggorokan.

Pemberian air larutan ini bisa dilakukan sampai burung sembuh dari penyakit yang diderita. Karenanya, setelah burung cucak ijo anda sembuh, segera hentikan pemakaian. Sebab, pemakaian dalam jangka waktu lama, air larutan kurang baik karena bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Kurangi mandi
Selama burung cucak ijo mengalami batuk atau flu dan pilek, frekuensi mandi harus dikurangi. Jika misalnya anda biasa memandikan burung cucak ijo anda dua hari sekali, bisa dikurangi menjadi 3-4 hari sekali.

Mandi pada burung cucak ijo yang sedang mengalami batuk seperti ini kurang baik karena bisa memperparah kondisi burung. Bahkan tragisnya lagi, upaya penyembuhan anda kadang kala bisa sia-sia. Karena mandi menyebabkan suhu tubuh menurun yang menjadi salah satu penyebab timbulnya flu dan pilek.

Demikianlah tiga cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi burung cucak ijo yang sering batuk atau flu dan pilek. Semoaga artikel ini bermanfaat….!!!

3 Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Sering Batuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment