Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, September 28, 2016

3 Cara Mengatasi Love Bird Macet Bertelur

Tipsburung.com - Anda mempunyai love bird yang macet produksi? Sebenarnya, macetnya produksi sepasang love bird bukan karena burung tersebut mandul semata. Sepasang burung love bird juga bisa macet karena perawatan yang kurang, termasuk di dalamnya juga pemberian asupan.

Meskipun kasus burung love bird mandul itu ada, namun persentasenya sangat sedikit. Karenanya, jika love bird anda mengalami macet bunyi, jangan langsung menjustifikasi bahwa burung love bird adalah mandul. Rawatlah terlebih dahulu dengan baik, sebab masih ada kemungkinan burung anda hanya mengalami kondisi yang kurang baik.



Untuk pasangan burung love bird yang sebelumnya sudah pernah berproduksi namun mendadak macet, tentu saja hal ini bukan berarti mandul. Sudah pasti hal ini terjadi karena burung mengalami kondisi kurang subur karena perawatan dan asupan yang anda berikan.

Jika anda mempunyai love bird yang macet bertelur atau produksi, anda bisa mencoba tiga metode berikut.

Penuhi kebutuhan sinar matahari
Dalam banyak kasus, sepasang burung love bird menjadi macet bertelur karena burung kurang sehat dan kekurangan sinar matahari. Dan sebagaimana diketahui bersama bahwa sinar matahari, khususnya matahari pagi, sangat penting untuk tubuh dan kesehatan burung.

Bukan hanya penting untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang, sinar matahari dibutuhkan burung karena burung membutuhkan vitamin supaya menjadi sehat. Bahkan sinar matahari ini juga bisa membuat burung menjadi lebih sehat karena dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh burung.

Lebih dari itu, sinar matahari menjadi sangat krusial pada burung love bird yang mengalami macet produksi. Sebab. sinar matahari mampu memberikan dan memenuhi kebutuhan burung terhadap berbagai vitamin yang didapatkan dari sinar matahari. Dengan begitu, burung love bird tidak hanya akan menjadi lebih rajin berproduksi namun juga akan menjadi lebih sehat.

Untuk menjemur burung love bird, setidaknya harus dilakukan pada saat anakan burung disapih. Dalam masa ini, kedua indukan burung love bird ini sebisa mungkin harus dijemur setiap hari selama kurang lebih satu minggu atau hingga burung unjal atau mengangkut sarang kembali sebagai pertanda hendak berproduksi lagi. Ketika burung mengangkut sarang seperti ini, penjemuran bisa dihentikan.

Anda sangat disarankan untuk penempatkan sangkar ternak di lokasi yang mudah terkena sinar matahari. Sebab, hal ini bisa menjamin burung untuk selalu terkena sinar matahari setiap harinya. Cara ini tentu saja akan jauh lebih praktis bila dibandingkan dengan cara penjemuran setelah selesai produksi seperti di atas.

Berikan minyak ikan
Minyak ikan sangat penting untuk diberikan pada burung love bird yang sedag produksi, supaya tetap rajin bertelur. Sebab, minyak ikan banyak mengandung nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh burung love bird selama masa produksi.

Bahkan, minyak ikan ini juga bisa dijadikan solusi terbaik untuk mengatasi love bird yang macet produksi, tentunya di samping sinar matahari di atas. Sebab, minyak ikan bisa meningkatkan kesuburan burung love bird sehingga produksi kembali lancer.

Adapun cara pemberian minyak ikan pada burung love bird dapat anda berikan dengan cara dioleskan pada jagung sebelum anda berikan pada burung love bird. Pemberian minyak ikan ini bisa diberikan setiap 2─3 hari sekali dan dihentikan setelah burung sudah berproduksi.

Minyak ikan ini juga bisa diberikan pada burung love bird yang selalu gagal menetaskan telur-telurnya. Sebab, sebagaimana telah dikatakan di atas, minyak ikan mampu meningkatkan kesuburan burung love bird. Adapun cara pemberiannya, sama dengan cara di atas di mana minyak ikan dioleskan pada jagung.

Minyak ikan saat ini mempunyai banyak varian yang dapat anda temukan di kios-kios burung atau apotek, mulai yang sangat murah hingga yang mahal. Silakan anda pilih sesuai selera anda. Namun yang pasti, semakin mahal minyak ikan tentu saja akan semakin bagus karena kandungannya lebih komplit.

Berikan jagung secara teratur
Saat burung love bird berproduksi, hendaknya anda jangan sampai melewatkan jagung muda sebagai menu hariannya. Paling tidak, seminggu dua kali anda harus memberikannya pada burung love bird yang sedang berproduksi ini. Sebab, berdasarkan banyak pengalaman, jagung muda bisa mengatasi burung love bird yang macet produksi.

Sebelum anda memberikannya pada burung love bird, sebaiknya jagung dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Bersihkan pula dari bulu-bulunya yang halus agar burung lebih enak memakannya. Dan pastikan pula, jagung yang akan anda berikan adalah jagung yang masih segar karena hanya jagung yang bagus yang mempunyai kandungan paling bagus dan lengkap.

3 Cara Mengatasi Love Bird Macet Bertelur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment