Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

3 Metode Mengatasi Kacer Kegemukan Tanpa Kandang Umbaran

Tipsburung.com - Kacer kegemukan disebabkan oleh banyak hal. Salah satu penyebab yang paling umum adalah burung kurang gerak dan kurang jemur. Hal ini diperparah oleh pemberian jangkrik yang berlebihan setiap hari dan pemberian ulat hongkong yang rutin.


Ketika kacer mengalami kegemukan, frekuensi kicaunya akan menjadi sangat berkurang. Burung kacer juga akan mudah capai karena tidak merasa berat membawa badannya. Lebih dari itu, burung kacer juga akan susah dikondisikan untuk diturunkan ke lapangan.

Sebenarnya, cara paling efektif untuk mengatasi kacer yang kegemukan adalah dengan memasukkannya ke dalam kandang umbaran. Cara ini dibilang paling baik karena dengan kandang ini burung akan lebih aktif sehingga sama halnya dengan melakukan olah fisik.

Sebagaimana diketahui, olah fisik adalah satu metode paling jitu untuk mengurangi lemak sebab bisa membakar lemak dan kalori dengan sangat efektif. Karenanya, banyak orang akan menggunakan kandang umbaran ini untuk melangsingkan burung-burungnya karena hasilnya memang sangat efektif.

Lalu bagaimana dengan Anda yang tidak mempunyai kandang umbaran? Sebenaranya, bukan hanya kandang umbaran yang bisa mengembalikan berat badan burung. Tiga metode berikut juga sangat efektif dalam mengusir lemak dan melangsingkan burung kacer yang mengalami kegemukan.

Jemur kuat
Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk melangsingkan burung kacer yang kegemukan tanpa kandang umbaran adalah dengan rutin menjemurnya setiap hari. Durasi penjemuran yang sangat disarankan adalah lebih lama daripada biasanya.

Jika lemak dalam tubuh burung kacer Anda sangat banyak, penjemuran tidak hanya disarankan pada pagi hari hingga siang saja, antara jam 7-11. Penjemuran juga sangat disarankan untuk dilakukan pada sore hari, mulai dari jam 2 hingga sinar matahari meredup.

Selama penjemuran, sangat disarankan untuk sesekali memasukkan air minum ke dalam sangkar. Paling tidak, setiap satu jam sekali, Anda harus memberikan minum supaya burung tidak mengalami dehidrasi. Setelah burung minum, air minum boleh diambil atau dikelurakan kembali.

Jangan dikerodong
Setiap hari pada siang hari, hendaknya burung kacer yang sedang kegemukan tidak usah dikerodong. Tujuannya, supaya burung lebih banyak bergerak dan berbunyi (lebih aktif). Kedua hal ini sangat membantu memaksimalkan pengurusan pada burung kacer tersebut.

Namun pastikan, Anda tidak terlalu banyak memberikan voer supaya burung kacer tidak banyak makan. Sebab, jika kacer diumbar seperti ini biasanya akan lebih banyak makan daripada difull kerodong.

Karenanya, takarlah pemberian voer pada kacer tersebut dalam setiap harinya. Ini merupakan salah satu bentuk diet paling efektif untuk menurunkan berat badan burung.

Batasi pemberian EF
Bukan hanya masalah jumlah voer, untuk EF juga harus ditakar dan dibatasi. Sebab sudah mafhum bahwa pemberian jangkrik dan ulat yang berlebihan bisa mengakibatkan burung mudah mengalami kegemukan.

Untuk itu, berikan jangkrik dan ulat dengan takaran normal saja, sesuai dengan setelan burung. Dalam hal ini, idealnya pemberian jangkrik adalah 3-5 pagi dan sore setiap hari. Jika lebih dari takaran ideal tersebut, burung biasanya akan kegemukan.

Sedangkan untuk ulat hongkong, hendaknya diberikan sesuai kebutuhan saja. Selain menyebabkan kegemukan, ulat hongkong yang diberikan secara rutin, apalagi dengan takaran yang banyak, bisa merusak mata. Mata burung kacer bisa berair hingga akhirnya tidak bisa melihat lagi alias buta.

Demikian tiga cara untuk mengatasi kacer yang mengalami kegemukan. Selamat mencoba dan semoga sukses…!!!

3 Metode Mengatasi Kacer Kegemukan Tanpa Kandang Umbaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment