Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, September 1, 2016

5 Tips Supaya Cucak Ijo Buka Paruh Maksimal saat Lomba

Tipsburung.com - Anda mempunyai cucak ijo yang paruhnya ketika berbunyi kurang buka maksimal saat berbunyi di lapangan? Kondisi ini selain akan mengurangi kualitas dan kekencangan power juga akan menurunkan perhatian juri. Karenanya, hal ini harus ditangani dengan cepat supaya burung cucak ijo Anda bisa buka paruh maksimal.

Kondisi burung cucak ijo yang tidak mau buka paruh dengan maksimal seperti ini sangat dipengaruhi oleh level birahi burung. Karenanya, burung dalam kondisi ini sangat berkaitan rawatan harian dan perawatan selama persiapan lomba. Jika level birahi memadai dan pas, bisa dipastikan burung cucak ijo akan bisa berkicau dengan maksimal hingga buka paruh. 


source: mediaronggolawe.com 

Ada beberapa tips untuk memaksimalkan burung cucak ijo supaya bisa buka paruh dengan maksimal saat di lapangan. Beberapa tips dimaksud ialah sebagai berikut.

Rajin embun setiap hari
Pengembunan memang sangat membantu memaksimalkan kicauan burung. Tidak hanya menambah frekuensi bunyi namun juga kualitasnya. Burung akan tampak lebih rajin berbunyi dengan durasi yang maksimal. Selain itu, burung akan terlihat lebih ngotot sehingga akan buka paruh dengan maksimal pula.

Lama-kelamaan, kondisi ini akan menjadi kebiasaan pada burung cucak ijo sehingga akan bisa buka paruh kapanpun ia berbunyi. Karenanya, Anda sangat disarankan untuk membiasakan mengembunkan burung cucak ijo yang sulit buka paruh tersebut.

Mandi malam
Anda juga bisa memberikan terapi mandi malam untuk mengatasi cucak ijo yang sulit buka paruh tersebut. Mandi malam, sebagaimana pengembunan, sudah terbukti ampuh mengatasi burung-burung yang melempem dan menyulapnya menjadi gacor. Hal ini disebabkan karena mandi malam bisa menyetabilkan birahi burung.

Jika burung cucak ijo Anda kurang birahi, mandi malam akan memberikan efek ketenangan dan kenyamanan pada burung Anda sehingga bisa menjadi lebih gacor. Sebaliknya, jika cucak ijo Anda terlalu birahi, mandi malam akan menurunkannya dengan cara yang sama. Akibatnya, burung menjadi lebih mapan.

Durasi jemur ditambah
Jika dengan kedua tips di atas cucak ijo Anda belum ada perkembangan, sebaiknya tingkatkan durasi penjemurannya. Penjemuran yang kuat ini akan meningkatkan level birahi burung cucak ijo Anda sehingga bisa berkicau dengan maksimal hingga buka paruh penuh.

Namun begitu, Anda harus membatasi jam jemur sebab jika terlalu siang sangat tidak baik untuk kesehatan burung. Sinar matahri siang sudah tercemar oleh sinar ultra violet sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan burung.

Tambah ekstra foding
Ektra foding umumnya mengandung banyak protein sehingga sangat baik untuk mendongkrak birahi dan performa burung di lapangan. Dengan asupan ekstra foding yang pas, baik jangkrik, ulat, dan kroto, burung bisa menjadi lebih ngotot hingga burung bisa berkicau dengan lepas.

Berikan EF dua sesi sebelum gantang
Sebelum digantang, setidaknya dua sesi sebelumnya, hendaknya burung cucak ijo diberikan beberapa ekstra foding lagi seperti jangkrik, kroto, atau ulat hongkong. Selain supaya burung menjadi lebih bertenaga, ekstra foding akan membantu membuat burung mengeluarkan performa terbaiknya. Karenya, selalu bawa EF-lah ke lapangan saat Anda hendak menurunkan burung cucak ijo yang susah buka paruh penuh tersebut.

Demikianlah cara atau tops yang dapat Anda lalukan untuk membuat burung cucak ijo Anda bisa berkicau dengan maksimal. Burung cucak ijo yang buka paruh full, bukan hanya enak dipandang namun juga bisa mengeluarkan seluruh kemampuan suaranya (volume dan power) dengan sangat baik. Akibatnya, suara burung akan lebih menonjol sehingga bisa mencuri perhartian juri.

5 Tips Supaya Cucak Ijo Buka Paruh Maksimal saat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment