Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, September 1, 2016

9 Burung Endemik Indonesia Paling Populer yang Harus Anda Ketahui

Tipsburung.com - Ada banyak jenis burung endemik Indonesia yang sangat populer di hati para penghobi burung. Namun begitu, ada beberapa jenis burung yang termasuk paling populer. Menurut tipsburung.com, terdapat 9 jenis burung yang paing populer di Indonesia sebagaimana berikut.

1# Murai Batu
Sampai saat ini, pamor burung murai batu masih sangat sulit untuk dikejar atau disamai oleh burung lainnya. Bahkan sudah sejak lama, burung yang mempunyai suara merdu ini menjadi primadona. Karenanya, tidaklah mengherankan jika kemudian harganya melambung.


source: timkicau.com

Kepopuleran burung murai batu bukan hanya karena kelasnya yang bergengsi dalam setiap lomba burung berkicau. Suaranya yang merdu dengan bentuk tubuhnya yang indah, membuat burung ini mempunyai tempat yang istimewa di hati para penghobi burung. Karenanya, tidaklah mengherankan jika burung ini kemudian menempati posisi pertama sebagai burung paling populer di Indonesia.

2# Cucak Ijo


source: mediaronggolawe.com 

Cucak ijo adalah burung yang mempunyai warna seluruh tubuh hijau dengan sedikit warna hitam pada dagunya. Selain pada warnanya, burung ini menjadi populer karena mempunyai suara yang indah. Uniknya lagi, burung ini mempunyai gaya tarung ngentrok dan jambul sehingga terlihat sangat indah.

Selain itu, burung ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa dalam menirukan suara masteran. Namun begitu, burung ini cepat lupa jika sudah lama tidak mendengarkannya. Dan saat ini, kepopuleran burung cucak ijo ini masih sulit dibedakan dengan kacer karena sama-sama mempunyai penggemar yang sama-sama banyak.

3# Kacer




Kepopuleran burung kacer sepenuhnya terletak pada gaya tarung dan suaranya. Gaya tarung ngobra dan suaranya yang keras dan nyaring membuat burung ini juga menjadi burung primadona.

Kedua unsur ini berpadu menjadi satu kesatuan yang bisa membius para penghobi burung untuk memilikinya. Tidak hanya sebagai burung lomba, burung kacer juga menjadi populer sebagai burung klangenan yang sangat menyenangkan.

4# Anis Merah


 

Meski pamor dan masa emas burung anis merah beberapa tahun terakhir menurun seiring dengan mansuknya burung impor, namun burung ini tetap menjadi burung berkelas. Sebab dalam setiap gelaran atau event burung berkicau, burung anis merah ini tetap ramai.

Kepopuleran burung ini selain pada suaranya yang khas, juga karena gaya tarungnya yang unik. Burung ini juga mempunyai gaya tarung teler sehingga menarik minat para penghobi burung.

5# Cendet



Kepopuleran burung cendet terletak pada kemampuannya dalam merekam dan menirukan suara burung lain. Dalam menirukan masteran, burung ini sangat cepat dan juga sempurna sehingga sangat mirip dengan suara aslinya. Bahkan burung ini bisa membawakan suara masteran dengan sangat panjang.

Kepopuleran burung ini juga didukung sepenuhnya oleh gaya tarungnya yang berdiri tegak seperti angka satu. Bahkan dalam beberapa kasus, ada beberapa burung cendet yang memiliki gaya ekor nempel dan menekan ke pangkringan saat bertarung.

6# Cucak Rowo


 
Cucak rowo adalah burung yang mempunyai suara sangat indah. Selain merdu, suara cucak rowo juga keras sehingga terdengar sangat menggema jika tengah berbunyi. Dan meskipun saat ini burung ini sudah jarang ada kelasnya di setiap event kontes burung, namun kepopuleran burung cucak rowo masih tidak luntur sedikitpun di hati para penghobi burung.

7# Pleci



Pleci termasuk burung yang baru boming beberapa tahun terakhir ini. Saat itu, sepertinya setiap penghobi burung harus memiliki burung ini dari saking populernya. Burung pleci ini meskipun mempunyai badan yang kecil namun mempunyai suara yang keras. Bahkan burung ini mempunyai kecerdasan yang luar biasa dalam menirukan suara burung lain.

8# Kolibri Ninja

source: burungmaster.com
 
Burung kolibri ninja bukan hanya indah dari segi suara namun juga gaya tarungnya. Burung ini pun sangat cerdas dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Burung ini tidak hanya dipelihara sebagai burung master, namun juga sebagai burung lomba. Bahkan di daerah jawa barat, kelas burung kolibri ini sangat ramai.

9. Perkutut


 
Perkutut juga termasuk ke dalam salah satu burung paling populer di Indonesia. Meski saat ini sudah jarang ada lomba burung ini, namun kepopuleran burung perkutut tidak pernah luntur. Sebab burung ini mempunyai suara yang sangat indah. Tidak hanya merdu, suara burung perkutut juga mempunyai alunan irama yang sangat bagus.

9 Burung Endemik Indonesia Paling Populer yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment