Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, September 29, 2016

Cara Memandikan Cendet Malam Hari di Musim Hujan

Tipsburung.com - Seting perawatan pada burung cendet kadang kala tidak terpengaruh dengan kondisi apapun. Jika seting hariannya mandi pada malam hari, maka hari ini burung harus dimandikan. Sekalipun hujan, burung cendet tetap harus dimandikan.

Jika sampai burung cendet ini tidak dimandikan tidak sesuai jadwal kebiasaannya, kadang kala bisa terjadi perubahan pada perilaku burung. Burung cendet kadang kala menjadi birahi atau kurang maksimal ketika dilombakan.



Itulah sebabnya mengapa banyak orang sepakat dan mengatakan bahwa tampil bagus dan tidaknya burung di lapangan sangat ditentukan oleh rawatan harian yang anda berikan.

Jika cendet anda dirawat dengan baik dan konsisten, sudah barang tentu cendet anda akan menjadi lebih bagus. Cendet anda yang semula belum bisa tampil bagus, dengan perawatan yang bagus maka akan lebih mudah seting lapangannya.

Menurunnya performa burung cendet saat musim hujan bukan sepenuhnya disebabkan karena cuaca. Hal ini lebih disebabkan karena cara perawatan dan mandi yang anda berikan keliru. Memandikan cendet di musim hujan, khususnya saat turun hujan, berbeda dengan mandi saat cuaca cerah.

Mandi pada cendet saat hujan harus disesusaikan dengan kondisi cuaca. Dan untuk lebih gamblangnya, akan dijelaskan dalam beberapa poin berikut.

  1. Jika cuaca cerah dan tidak sedang turun hujan, maka burung cendet bisa dimandikan sampai lepek dan puas. Saat burung didis, berikan semprot dengan setelan embun pada semprotan supaya burung cendet lebih merasa puas. Penyemprotan bisa dihentikan setelah burung cendet merasa puas dan tidak mau mandi lagi yang ditandai dengan perilaku cendet yang selalu menghindari air.
  2. Jika cuaca cerah sekalipun habis hujan, burung cendet boleh dimandikan hingga lepek sampai burung didis dan puas. Selanjutnya, jemur atau angin-anginkan di tempat terbuka dan kering supaya bulu burung cendet lebih cepat kering.
  3. Jika cuaca kurang cerah dan habis hujan, burung cendet boleh dimandikan dengan cara disemprot embun saja. Hal ini bertujuan supaya bulu burung tidak terlalu lepek. Sebab jika terlalu basah, dikhawatirkan burung malah menjadi kedinginan yang kadang kala berakhir dengan kondisi drop.
  4. Jika cuaca sedang hujan, burung cendet boleh dimandikan sesuai dengan kondisi cendet. Jika cendet anda kuat dingin, bisa dimandikan agak basah lalu ditaruh di tempat kering. Namun jika cendet anda kurang kuat dengan cuaca dingin, cendet bisa dimandikan dengan cara disemprot embun saja. Selanjutnya, berikan cepuk besar lalu isi dengan air sampai agak penuh. Jika cendet anda ini memang kurang puas mandi, biarkan mandi di cepuk hingga puas.
  5. Jika cuaca hujan dan anda khawatir dengan kondisi dan kesehatan cendet anda, maka burung cendet anda bisa tidak dimandikan terlebih dahulu. Mandi bisa dilakukan esok harinya ketika cuaca sedang cerah dan ada sinar matahari.

Jika anda melakukan beberapa cara di atas dalam memandikan cendet anda pada malam hari di musim hujan, besar kemungkinan cendet anda akan tetap gacor di musim hujan. Sebab, sebagaimana telah disebutkan di atas, melempemnya cendet di musim hujan tidak sepenuhnya disebabkan karena faktor cuaca namun lebih karena perawatan yang anda berikan.

Salah dalam memandikan cendet malam hari di musim hujan, bisa berakibat fatal terhadap kondisi cendet. Cendet tidak hanya menjadi melempem namun juga bisa lemas dan tidak bertenaga.

Demikianlah cara memandikan burung cendet malam hari di musim hujan yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba …!!!

Cara Memandikan Cendet Malam Hari di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment