Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

Cara Mengatasi Cucak Ijo yang Terlalu Jinak Supaya Tampil Maksimal Saat Lomba

Tipsburung.com - Pernahkah Anda mempunyai cucak ijo yang terlalu jinak? Meskipun dari bahan muda hutan, cucak ijo kadang kala bisa jinak total. Bahkan dari saking jinaknya, ketika didekati, cucak ijo malah sampai ngeleper-ngeleper seper seperti anakan minta makan.

Kondisi cucak ijo seperti ini tentu saja akan sangat sulit untuk bisa dipoles dan bermain di lapangan. Bukan hanya karena persoalan jinaknya pada sang empunya, namun lebih pada hilangnya fighter pada burung cucak ijo tersebut. Sebab bukan rahasia lagi, burung cucak ijo yang terlalu jinak biasanya akan susah untuk bisa bermain dengan baik di lapangan karena masalah fighter tersebut.


source: tabloidburung.com

Kalaupun bisa tampil di lapangan, kadang kala penampilannya kurang maksimal. Bisa saja burung cucak ijo tersebut fighter namun kendalanya kadang kala tidak bisa maksimal. Bahkan lebih parahnya lagi, burung cucak ijo yang terlalu jinak tersebut tidak bisa ngentrok njambul.

Untuk itu, seting burung cucak ijo sebaiknya jangan sampai terlalu jinak dan jangan sampai pula terlalu giras. Sebab, jika terlalu giras juga kurang maksimal kerjanya di lapangan. Karenanya, seting burung cucak ijo jinak-jinak lalat saja, alias sedang-sedang saja.

Lalu bagaimana cara mengatasi burung cucak ijo yang sudah terlalu jinak? Setidaknya ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cucak ijo Anda yang kelewat jinak tersebut sebagaimana berikut.

Umbar dengan rutin
Sebagai langkah awal yang harus Anda lakukan untuk mengatasi burung cucak ijo supaya tidak terlalu jinak adalah dengan cara mengumbarnya dengan rutin setiap hari. Pengumbaran selain akan membuat burung cucak ijo semakin kuat secara fisik dan nafas, juga bisa membuat burung lebih gesit.

Pengumbaran bisa dilakukan menjelang siang setelah burung selesai dijemur hingga sore. Adapun durasi pengumbaran yang direkomendasikan adalah 1-2 jam saja. Namun begitu, durasi ini tidak mutlak sebab yang paling penting adalah konsistensi. Karenanya, lebih baik dilakukan dengan durasi pendek saja asalkan dilakukan secara konsisten.

Gantung di tempat tinggi
Saat Anda menggantung burung cucak ijo, sebaiknya tempatkan di gantungan paling tinggi. Gantungan tinggi seperti ini, akan membuat burung sedikit agak giras. Selain itu, tempatkan pula burung cucak ijo di tempat sepi. Tempat ini pun bisa membuat burung cucak ijo akan lebih gesit.

Harian full kerodon
Untuk harian, sebaiknya burung cucak ijo yang terlalu jinak harus difull kerodong. Ini akan memberikan efek giras pada burung sehingga akan sangat baik jika dilakukan pada burung cucak ijo Anda yang terlalu jinak tersebut.

Stop kebiasaan menggoda
Jika misalnya Anda suka menggoda burung cucak ijo yang terlalu jinak ini, sebaiknya mulai sekarang harus dihentikan. Menggoda burung hanya akan membuat burung sangat lulut sehingga terapi yang Anda lakukan akan sia-sia. Karenanya, cuekin saja setiap hari. Jika Anda ingin mengganti pakan atau air minum, acuhkan saja. Hal ini akan membuat burung cucak ijo yang terlewat jinak bisa agak kesit dengan sendirinya.

Demikian beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi burung cucak ijo yang terlalu jinak. Selamat mencoba dan semoga sukses…!!!

Cara Mengatasi Cucak Ijo yang Terlalu Jinak Supaya Tampil Maksimal Saat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment