Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, September 28, 2016

Cara Mengganti Sangkar Kacer Biar Tidak Stress

Tipsburung.com - Banyak sekali penghobi burung, termasuk kacer, yang kurang paham cara mengganti sangkar burung. Padahal jika salah, burung bisa menjadi stress dan mogok bunyi. Akibatnya, anda tidak akan bisa lagi mendengarkan bunyi suara burung tersebut.


Mengganti sangkar burung, ada sebagian yang melakukannya dengan cara di mana burung kacer langsung ditangkap dengan tangan lalu setelah tertangkap burung akan dimasukkan ke dalam sangkar baru. Cara ini biasanya akan membuat burung ketakutan sehingga sering kali berakhir dengan kondisi burung yang stres.

Ada pula dari anda yang menyemprot burung terlebih dahulu sebelum ditangkap. Kondisi ini pun kadang kala mengakibatkan burung mengalami stres akibat perburuan tangan anda di dalam sangkar.

Mengganti sangkar kacer seharusnya dilakukan dengan cara yang halus supaya tidak menimbulkan stres pada burung. Sebab jika burung kacer stres, tentu saja ada perkerjaan lain yang harus anda selesaikan. Anda harus bisa kembali mengondisikan kacer tersebut dan menyembuhkan stresnya.

Menyembuhkan stres pada burung kacer akibat pergantian sangkar tentu saja bukan persoalan mudah. Bahkan hal ini sering kali membutuhkan waktu yang relatif lama.  Karenanya, pindahkan burung ke dalam sangkar lain dengan metode yang halus supaya burung tetap mau berbunyi dan tidak stres.

Lalu bagaimana cara yang paling baik untuk mengganti sangkar burung kacer? Cara yang paling aman adalah menggunakan metode seperti memasukkan burung kacer tersebut ke dalam keramba. Jadi, burung jangan sampai dipegang namun kedua pintu sangkar langsung didekatkan satu sama lain hingga rapat.

Jika burung kacer tidak mau pindah, gunakan tangan anda untuk menakuti burung kacer namun dengan cara yang halus sambil diikuti dengan suara seperti sedang mengusir burung. Lakukan hal ini sampai burung kacer anda bisa pindah ke dalam sangkar baru.

Sebelum anda memasukkan burung kacer ke dalam sangkar baru tersebut, pastikan anda sudah melengkapinya dengan pangkringan dengan model dan posisi yang sama dengan sangkar lama. Sebab, jika burung kacer anda ini sensitif, ini bisa membuat burung tidak mau berbunyi karena memerlukan adaptasi sehingga membutuhkan waktu beberapa hari.

Selain itu, posisi cepuk, baik cepuk pakan, minum, dan wadah kroto, juga harus diletakkan ke posisi yang sama dengan sangkar lama. Hal ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang kurang menyenangkan burung kacer anda.

Cara Mengganti Sangkar Kacer Biar Tidak Stress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment