Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

Cara Mudah Mengatasi Cucak Ijo Stres

Tipsburung.com - Banyak hal yang bisa menyebabkan cucak ijo mengalami stres. Namun apapun masalahnya, cucak ijo Anda yang stres ini harus segera diatasi dengan baik agar bisa normal kembali. Sebab, cucak ijo yang stres sering kali tidak hanya menyebabkan menurunnya frekuensi bunyi namun juga seringkali disertai beberapa perilaku negatif.

 source: kicaumania.or.id

Cucak ijo yang stres biasanya akan lebih banyak diam, lebih gesit (bahkan kadang sampai ngeruji), dan tatapan matanya sering kali jelalatan. Kondisi ini jika tidak segera diatasi dengan baik, bisa berlangsung cukup lama. Dan ketika ini terjadi, proses penyembuhannya pun akan jauh lebih lama.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara untuk mengatasi cucak ijo yang stres tersebut.

Karantina
Ya, karantina adalah cara terbaik untuk memulihkan kondisi burung cucak ijo dan menghilangkan stresnya. Dengan karantina, burung cucak ijo akan lebih tenang dan nyaman sehingga sangat ampuh dalam mengusir stres dan memulihkan kondisinya.

Karantina dimaksud bukan hanya menjauhkan cucak ijo dari burung sejenis. Dalam hal ini, cucak ijo juga harus dijauhkan dari burung-burung lain yang bersifat fighter dan gacor. Karenanya, Anda benar-benar harus bisa menjauhkan burung cucak ijo tersebut dari keramaian.

Setel suara air mengalir
Suara air sangat ampuh untuk mencuci otak burung sehingga sangat ampuh dalam mengatasi burung cucak ijo yang stres. Karenanya, putarkan setiap hari suara gemericik air dengan volume sedang saja supaya bisa disimak dengan baik oleh burung cucak ijo.

Anda juga bisa menggantung burung cucak ijo stres tersebut di dekat kamar mandi. Suara air yang sering terdengar dari kamar mandi setiap harinya, juga mempunyai manfaat yang sama dengan suara air di atas. Untuk itu, tempatkan cucak ijo yang stres tersebut di dekat kamar mandi setiap hari.

Embunkan
Suasana pagi dapat membuat burung seperti berada di alam liar. Kondisi inilah yang dapat mengusir stres pada burung sehingga lebih cepat gacor kembali. Untuk itu, embunkanlah cucak ijo yang sedang stres tersebut dengan rutin setiap hari.

Pengembunan bisa dilakukan pada pagi hari sehabis waktu shalat subuh, sekitar setengah 5 sampai matahari terbit. Setelah burung dientas dari jemuran atau pengembunan, selanjutnya burung dimandikan untuk kemudian dijemur. Lakukan ini secara rutin setiap hari.

Berikan air gula
Di samping air putih, Anda perlu memberikan air gula dua hari sekali. Cara membuat air gula ini sama halnya dengan membuat air gula untuk burung kolibri atau sogok ontong.

Berikan buah secara variatif
Untuk masalah buah, hendaknya harus diberikan secara vatiatif setiap hari. Beberapa buah yang sangat direkomendasikan adalah buah naga, buah sawo, dan pepaya. Ketiga buah ini diberikan secara bergantian setiap hari.

Berikan ulat bambu
Ulat bambu bisa juga Anda berikan, paling tidak seminggu dua kali. Hal ini akan membantu burung lebih cepat rileks sehingga kondisinya akan lebih cepat pulih.

Sesekali mandikan dengan air dingin
Air dingin adalah air paling bagus untuk menetralisir pikiran pada burung sehingga akan lebih cepat dalam mengusir stres. Karenanya, Anda sangat disarankan untuk memandikan burung cucak ijo yang stres dengan menggunakan air yang sebelumnya telah dicampur dengan air es.

Namun begitu, air ini tidak boleh terlalu dingin karena kurang baik untuk burung. Karenanya, berikan campuran es atau air es sewajarnya saja. Pun mandi dan waktunya tidak noleh setiap hari. Idealnya, waktu mandi adalah pada pagi hari, jam 8, dan dilakukan dua kali seminggu.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi cucak ijo yang sedang mengalami stres. Selamat mencoba dan semoga berhasil…!!!

Cara Mudah Mengatasi Cucak Ijo Stres Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment