Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

Cara Mudah Mengatasi Kacer Nyilet

Tipsburung.com - Kacer adakalanya kegemukan dan ada juga mengalami nyilet atau kurus. Kacer yang kegemukan biasanya disebabkan karena burung sangat lahap makan dan mendapatkan asupan yang mengandung nutrisi yang seimbang. Sedangkan kacer yang nyilet biasanya disebabkan karena kurangnya gizi dalam setiap makanan yang diasup oleh burung.

Burung apapun mempunyai potensi untuk mengalami nyilet, termasuk kacer. Apalagi jika kacer tersebut hanya dirawat ala kadarnya dan jarang diberikan pakan yang mengandung nutrisi tinggi seperti jangkrik, ulat, dan kroto. Sebab, EF pada burung pemakan serangga, termasuk di dalamnya burung kacer, selain untuk energi juga untuk memenuhi kebutuhan gizi burung.



Burung kacer yang nyilet biasanya kesehatan dan tenaganya menurun sehingga burung cenderung agak lemes. Gerak-gerik burung biasanya tidak seaktif dan selincah sebelumnya saat masih normal. Akibatnya, burung seperti ini akan sangat sulit untuk dikondisikan dan siap untuk dilombakan.

Ada dua cara untuk mengatasi kacer yang nyilet seeprti ini sebagaimana berikut.

Berikan EF yang cukup
Sebagaimana telah disinggung di atas, salah satu faktor mengapa burung kacer bisa mengalami nyilet ialah karena kurangnya asupan yang bernutrisi. Pakan yang paling tinggi nutrisinya pada burung pemakan serangga adalah EF, baik berupa jangkrik, ulat, maupun kroto.

Burung kacer yang tidak mendapatkan asupan EF yang memadai sudah pasti bisa mengalami nyilet sebab tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup setiap harinya. Sementara idealnya, asupan jangkrik setiap harinya pada setiap burung berbeda-beda. Namun umumnya, 10 ekor jangkrik setiap hari sudah membantu memenuhi kebutuhan burung terhadap nutrisi tersebut.

Nah, jika tidak ingin kacer kesayangan Anda mengalami nyilet, penuhi kebutuhan nutrisi tubuh burung tersebut setiap harinya dengan cara rutin memberikan EF yang cukup. Berikan jangkrik setidaknya 5 ekor pagi dan sore setiap hari.

Jika Anda mempunyai kacer yang sudah terlanjur nyilet, maka sebaiknya berikan EF dengan takaran lebih banyak. Bahkan jika perlu, berikan 6 ekor atau lebih setiap hari supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Dalam konteks ini, Anda tidak perlu takut kacer Anda menjadi OB (over birahi) setelah diberikan jangkrik banyak apalagi dalam waktu yang agak lama. Sepanjang Anda bisa mengontrol dan meredam birahi burung dengan cara memandikanya dengan rutin, burung kacer Anda akan baik-baik saja.

Jika Anda khawatir tidak bisa mengendalikan birahi burung kacer Anda tersebut, sebaiknya Anda harus lebih waspada. Ketika burung kacer Anda menunjukkan gejala birahi berlebih, segera turunkan kembali jumlah pemberikan jangkrik. Selanjutnya, imbangi dengan mandi dengan rutin pula setiap hari.

Berikan pisang kepok
Bukan hanya cucak ijo atau pleci yang doyan makan buah, kacer pun bisa sangat doyan dengan pisang kepok. Nah, pisang kepok ini sangat penting Anda berikan pada burung kacer yang mengalami nyilet. Sebab, pisang menagndung banyak nutrisi penting yang bisa membantu menggemukkan kacer yang nyilet.

Untuk beberapa kacer mungkin harus dilatih terlebih dahulu supaya bisa doyan terhadap pisang. Namun ada kalanya ada banyak kacer yang memang menyukai buah. Karenanya, jika kacer Anda tidak doyan memakan pisang, sebaiknya latih terlebih dahulu. Dan adapun cara melatihnya ialah sebagai berikut.

•    Pisang diberikan pada saat burung kacer sedang lapar, utamanya sesaat setelah burung dientas dari jemuran. Tapi ingat, sebelum dijemur, burung hanya diberikan jangkrik satu saja untuk mengganjal perutnya yang kosong. Pun saat dijemur, cepuk voer harus diambil supaya burung tidak makan lagi saat dijemur.
•    Setelah diangkat dari jemuran, burung kacer diangin-anginkan terlebih dahulu lalu masukkan pisang yang telah dibuang kulitnya.
•    Jika burung kacer Anda tetap tidak mau makan pisang, letakkan pisang tersebut dalam cepuk dan taruh di tempat biasa Anda meletakkan cepuk voer atau EF.
•    Dalam beberapa hari, kacer Anda biasanya sudah bisa makan pisang dengan lahap

Demikian cara mudah mengatasi kacer yang nyilet, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Cara Mudah Mengatasi Kacer Nyilet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment