Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

Cara Paling Ampuh Mengatasi Cucak Ijo yang Sulit Birahi

Tipsburung.com - Apakah Anda mempunyai cucak ijo yang sulit birahi? Kadang kala, ada sekalipun diberikan jangkrik dan kroto yang banyak, cucak ijo seperti ini tetap sulit naik birahinya. Pun jika misalnya digelontor dengan EF, tentu saja akan banyak yang terbuang karena kapasitas perut burung sangat terbatas.


source: suarakicauburung.com

Cucak ijo yang sulit birahi ini tentu saja akan membingungkan sang empunya. Tidak hanya akan sulit gacor, burung cucak ijo ini juga akan sulit untuk bisa diikutkan kontes. Karena untuk bisa tampil bagus di lapangan, burung harus mempunyai birahi yang memadai.

Bagi Anda yang kebingungan mengatasi cucak ijo yang sulit birahi ini, Anda bisa mencoba beberapa tips berikut.

Ganti voer berprotein tinggi
Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi cucak ijo yang sulit birahi ini adalah dengan mengganti voer lama dengan voer yang berprotein tinggi. Sebab, pilihan voer juga sangat berpengaruh terhadap kondisi birahi burung.

Voer dengan kandungan protein sedang, apalagi rendah, akan sangat sulit untuk mengondisikan burung cucak ijo yang sulit birahi karena akan susah untuk menaikan birahinya. Karenanya, voer jenis ini hanya direkomendasikan untuk burung cucak ijo yang sensitif terhadap birahi.

Sedangkan voer dengan kandungan protein tinggi, 17% misalnya, akan lebih mudah untuk menyetel birahi cucak ijo yang sulit birahi. Namun begitu, voer jenis ini sangat tidak disarankan untuk diberikan pada burung cucak ijo yang sensitif.

Barang kali, penyebab cucak ijo Anda kurang birahi karena faktor voer yang kurang cocok. Karenanya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggantinya dengan voer lain yang mengandung protein lebih tinggi.

Tambah durasi penjemuran
Durasi penjemuran juga bisa ditingkatkan karena penjemuran sangat menentukan level birahi burung cucak ijo. Semakin lama penjemuran yang Anda berikan pada cucak ijo Anda maka akan semakin naik pula birahinya.

Namun pastikan, saat menjemur Anda harus tahu waktu. Menjemur burung tidak boleh terlalu lama dan bahkan harus dilakukan di bawah jam 10, kecuali Anda punya alasan kuat. Penjemuran yang terlalu lama tidak akan bisa membuat burung menjadi lebih bagus. Sebaliknya, penjemuran yang berlebihan malah akan merusak birahi dan suara burung.

Untuk itu, batasilah penjemuran hanya sampai jam 10 pagi saja. Sebab jam-jam setelah itu, sinar matahari sudah tidak sehat. Sinar matahari sudah terkontaminasi oleh sinar ultraviolet yang bisa mengancam kesehatan burung cucak ijo Anda.

Harian full kerodong
Untuk cucak ijo yang susah birahi, sangat disarankan hariannya untuk difull kerodong. Selain akan membuat burung cucak ijo lebih fighter, full kerodong juga akan membuat burung bisa meningkatkan level birahi cucak ijo.

Ketika cucak ijo yang hariannya full kerodong seperti ini mau dicoba gandeng atau dilatber, burung cucak ijo ini akan jauh lebih siap untuk bertarung. Karenanya, Anda sangat disarankan untuk mengerodong burung cucak ijo ini setiap hari.

Kurangi mandi
Untuk mandi, burung cucak ijo yang susah birahi ini harus dikurangi. Jika pada rawatan harian, misalnya, Anda memandikan burung setiap hari atau dua kali sehari, maka harus dikurangi menjadi dua atau sekali dalam semingga. Tujuannya adalah supaya burung lebih birahi.

Sebagaimana diketahui bahwa mandi yang terlalu sering pada burung bisa menurunkan birahi. Semakin sering Anda memandikan burung, maka akan semakin rendah tingkat birahinya. Sebaliknya, semakin jarang Anda memandikannya, maka akan semakin tinggi level birahinya.

Rajin diembunkan
Pengembunan sebenarnya bukan sebagai upaya meningkatkan birahi burung namun lebih pada usaha untuk menyetabilkannya. Pada burung cucak ijo yang terlalu birahi, pengembunan bermanfaat untuk meredam birahi. Sedangkan untuk burung cucak ijo yang sulit birahi, pengembunan akan membuat burung lebih rajin berbunyi. Sebab pengembunan akan memberikan stimulus pada burung untuk selalu lebih rajin berbunyi.

Berikan apel merah
Untuk menu buah, di samping memberikan pisang, Anda bisa memvariasikannya dengan apel merah. Buah apel jenis ini diketahui sangat baik diberikan pada cucak ijo yang loyo dan kurang birahi karena bisa meningkatkan staminanya. Karenanya, jika hari ini Anda memberikan pisang, esok harinya berikan apel. Begitu seterusnya setiap hari.

Cas sebelum digantang
Jika burung cucak ijo yang sulit birahi ini hendak digantang, sebaiknya dicas terlebih dahulu dengan cucak ijo betina. Dalam beberapa kasus, pengecasan kadang kala memerlukan waktu agak lama. Namun jika tips di atas berhasil Anda lakukan, kemungkinan waktu cas akan berlangsung hanya sebentar. Bahkan bisa saja Anda tidak perlu mengecasnya lagi karena burung cucak ijo Anda sudah dalam kondisi normal.

Cara Paling Ampuh Mengatasi Cucak Ijo yang Sulit Birahi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment