Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 30, 2016

Cara Paling Tepat dan Aman Memandikan Love Bird di Malam Hari

Tipsburung.com - Sudah manfhum bahwa mandi malam pada burung, yang dalam hal ini burung love bird, mempunyai manfaat yang sangat besar. Diketahui, mandi malam untuk burung bisa membuat burung bisa tampil lebih prima dan rajin bunyi. Karenanya, mandi malam pada burung-burung macet atau kurang rajin berbunyi, sangat disarankan untuk dimandikan malam.

Mandi malam pada burung love bird harus dilakukan lebih hati-hati, apalagi jika musim hujan. Sebab, jika tidak dilakukan dengan hati-hati, dikhawatirkan terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada burung love bird Anda.


sumber: kicaumania.or.id

Memang, mandi malam mempunyai manfaat yang sangat besar pada burung love bird. Tetapi jika dilakukan dengan asal dan tidak memakai cara yang bagus, tentu saja burung malah akan menjadi makin melempem. Burung akan kurang bergairah dan bahkan bisa sampai ngedrop.

Karenanya, dalam memandikan burung love bird di malam hari, setidaknya anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.

  1. Setelah membukan kerodong, cantolin terlebih dahulu burung love bird anda. Perhatikan dengan saksama kondisi burung anda. Jika menunjukkan perilaku kurang sehat, sebaiknya urungkan niat anda untuk memandikan burung. Sebab jika anda sampai memaksanya, sangat dikhawatirkan akan semakin memperburuk kondisi dan kesehatan burung love bird anda.
  2. Mandikan burung antara jam 8─9 malam. Jika terlalu malam, kadang kurang efektif. Di samping itu, juga kasihan pada burung love bird anda karena burung bisa mengalami kedinginan yang sangat.
  3. Mandikan burung love bird anda dengan cara disemprot dengan stelan embun. Hal ini dimaksudkan supaya burung love bird anda bisa mandi dengan lebih nyaman.
  4. Jika kondisi cuaca normal, mandikan burung hingga agak lepek. Sebab idealnya, memandikan burung love bird di malam hari tidak boleh sampai lepek karena jika sampai burung kedinginan, tidak ada sinar matahari untuk menghangatkan tubuh burung. Karenanya, jika bulu burung love bird anda sudah setengah lepek, segera hentikan penyemprotan.
  5. Jika cuaca sedikit mendung atau bahkan mungkin habis hujan, anda bisa menunda mandi hingga esok harinya. Namun jika terpaksa, mandikan burung love bird anda namun hanya sekedar basah saja.

Demikianlah cara memandikan burung love bird di malam hari. Dengan cara ini, dipastikan kesehatan burung anda tetap terjaga sehingga bisa tetap stabil, baik dari segi kerajinannya ngekek di rumah, lebih lebih durasinya di lapangan.

Cara Paling Tepat dan Aman Memandikan Love Bird di Malam Hari Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment