Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 30, 2016

Ini Dia Minuman Cendet yang Perlu Anda Coba di Musim Hujan

Tipsburung.com - Musim hujan adalah waktu di mana cuaca biasanya selalu tidak menentu sehingga membuat burung-burung yang keliru dalam perawatan mudah lesu dan bahkan ngedrop. Burung tidak bisa tampil prima dan fighternya pun tidak maksimal.


sumber: palembang.tribunnews.com

Di musim huan seperti ini, terutama burung cendet, sangat membutuhkan suhu panas untuk bisa tetap tampil prima. Dan sinar matahari adalah kebutuhan pokok burung cendet untuk bisa tampil baik. Karenanya, saat hujan berhenti dan ada sinar matahari, segera jemur burung cendet anda.

Sinar matahari ini dibutuhkan setiap hari oleh cendet, apalagi di musim hujan. Karenanya, jika anda ada kesempatan, segera jemur burung meskipun hanya sebentar dan paparan sinar matahari kurang maksimal.

Lalu pertanyaannya, bagaimana jika hujan turun terus-menerus dan tidak ada matahari selama beberapa hari? Anda bisa menjaga burung dengan cara tidak selalu memberikan ful kerodong pada burung cendet anda. Sebab, dikhawatirkan kondisi sangkar lembab sehingga bisa mengundang berbagai bakteri dan virus yang sangat membahayakan pada ksehatan cendet.

Setelah itu, angin-anginkan cendet anda setiap hari di teras rumah. Hal ini bertujuan supaya burung cendet bisa lebih segar karena bisa menghirup udara segar di luar sangkar.

Selain itu, sesekali anda juga perlu memberikan minuman yang mempunyai efek rasa hangat pada tubuh burung. Salah satu minuman yang perlu anda coba adalah memberikan air seduhan jahe tawar. Air ini, selain bagus untuk kesehatan burung secara umum, juga mempunyai efek rasa hangat pada tubuh burung sehingga sangat cocok diberikan pada musim hujan.

Namun yang perlu anda ketahui, karena air seduhan ini hanya bisa bertahan selama 12 jam, maka air jahe ini harus diganti setiap pagi dan sore. Jika tidak, dikhawatirkan berisiko pada kesehatan cendet anda. Sebab, minuman yang sudah basi biasanya sudah terjadi berbagai perubahan dan bersifat racun. Hal ini tentu saja sudah tidak baik untuk dimunum atau diberikan pada burung cendet.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, anda bisa menambahkan ginseng sedikit saja. Namun jika tidak mendapatkannya karena agak langka, jahe saja sudah cukup.

Selain dibuat minuman, anda bisa memberikan jahe ini sebagai pakan jangkrik atau ulat sebelum EF tersebut diberikan pada burung cendet anda. Selain itu, anda juga bisa menambahkan kunyit sebagai pakan jangkrik atau ulat. Semua rimpang ini mempunyai efek yang sangat bagus untuk kesehatan burung, apalagi saat musim hujan.

Minimal, rimpang-rimpang ini anda berikan pada jangkrik atau ulat satu hari sebelum diberikan pada burung cendet. Tujuannya adalah supaya jahe atau kunyit ini termakan dan bahkan hingga menjadi darah dan daging jangkrik tersebut. Hal ini akan memberikan manfaat yang lebih terasa pada burung cendet anda.

Itulah minuman yang perlu anda berikan pada cendet anda di musim hujan. Harapannya, dengan pemberian minuman air jahe, burung akan tetap selalu fit dan segar sehingga kesehatan burung menjadi sangat terjaga dan siap tempur.

Ini Dia Minuman Cendet yang Perlu Anda Coba di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment