Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, September 10, 2016

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung Berkicau

Tipsburung.com - Sejauh ini, orang hanya mengenal pepaya sebagai buah yang kaya vitamin dan senyawa aktif lainnnya yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Diketahui, buah ini mengandung antioksidan (betakaroten) yang mampu menangkal serangan radikal bebas.

Tidak hanya itu, buah pepaya juga kaya akan kandungan vitamin C dan serat. Keduanya mempunyai khasiat untuk mecegah sembelit dan melancarkan buang air besar.

Ternyata, bukan hanya buahnya, biji pepaya juga mengandung banyak vitamin dan senyawa aktif yang bisa memberikan khasiat luar biasa. Tidak hanya baik dikonsumsi manusia, biji pepaya juga sangat baik diberikan pada burung berkicau.


pengolahan biji pepaya untuk burung berkicau (source: pojoksatu.id)

Biji pepaya mempunyai rasa yang sangat pahit sehingga jika sampai ikut termakan sangat tidak enak rasanya. Namun di balik rasanya tersebut, biji pepaya mengandung banyak manfaat untuk burung berikcau sebagaimana berikut.

Antivirus
Biji pepaya bisa menjadi antivirus sehingga jika diberikan pada burung dapat mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyembuhkan infeksi ringan.

Obat cacing
Biji pepaya adalah obat anti cacing. Karenanya, jika burung anda mengalami cacingan, bisa diberikan biji pepaya ini. Sebab, biji pepaya mengandung alkaloid (carpaine) yang bisa membunuh cacing parasit dalam usus burung.

Meningkatkan dan melancarkan pencernaan
Sama seperti buah pepaya, biji pepaya juga dapat meningkatkan kesehatan dan melancarkan pencernaan burung. Hal ini disebabkan karena biji pepaya mengandung enzim papain yang membantu memecah protein.

Menetralkan racun
Biji buah pepaya juga bisa menetralkan racun yang bersarang dalam usus burung. Racun ini biasanya berasal dari hasil pencernaan makanan yang dicerna dalam pencernaan burung. Selain itu, racun juga bisa berasal dari pakan yang dimakan oleh burung. Jangkrik atau bijian dan vor yang diberikan pada burung kadang kala kurang higinis dan kerap kali mengandung racun.

Adapun cara pemberian biji pepaya ini bisa langsung diberikan pada jangkrik untuk dimakan. Setelah sehari semalam jangkrik makan biji pepaya, baru diberikan pada burung. Setelah jangkrik ini masuk ke dalam usus burung, kandungan biji pepaya ditransfer ke dalam tubuh burung sehingga sama halnya burung memakan jangkrik.

Cara lainnya adalah anda bisa memblender biji pepaya ini hingga halus. Setelah itu, campur dengan air lalu berikan pada burung sebagai pengganti air minumnya. Awal-awal, mungkin burung belum mau minum, namun setelah burung haus, akhirnya akan diminum juga.

Anda juga bisa menjemur biji pepaya ini terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu, tumbuk biji pepaya sampai halus lalu campurkan dengan kroto.

Demikian beberapa manfaat biji pepaya untuk kesehatan burung berkicau yang bisa anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….!!!

Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment