Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 19, 2016

Manfaat Kencur untuk Suara Burung Berkicau

Tipsburung.com - Kencur merupakan salah satu jenis rimpang yang telah lama dijadikan bumbu dapur oleh masyarakat kita. Rimpang ini mempunyai aroma yang khas dan juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan manusia. Hal ini disebabkan karena kencur mengandung banyak senyawa yang sangat baik untuk kesehatan manusia.


Secara tradisional, kencur sering dijadikan obat untuk berbagai penyakit, termasuk di dalamnya menjernihkan suara. Suara yang serak dan kurang jernih, orang-orang dulu menggunakan kencur ini sebagai obat. Sebab, kencur terbukti ampuh dalam menyembuhkan serak dan menjernihkan suara manusia.

Kencur juga bisa dimanfaatkan untuk burung-burung yang mempunyai suara kurang jernih, seret, berat, kurang ngeplong, atau bahkan mungkin serak. Sama seperti pada manusia, kencur pada burung juga berfungsi sebagai obat untuk menjernihkan suara, mengobati serak, dan memaksimalkan pita suara.

Adapun cara pemanfaatan kencur sebagai obat pada burung berkicau ialah anda bisa langsung menyeduhnya dengan air panas. Caranya adalah ambil satu kencur seukuran jari telunjuk, kupas sampai bersih, lalu keprok. Setelah itu, masukkan kencur ke dalam satu gelas air panas lalu biarkan selama beberapa menit.

Setelah suhu air normal, segera berikan pada burung sebagai pengganti air minumnya setiap hari. Pada hari pertama, mungkin burung tidak akan langsung mau meminumnya karena aromanya yang menyengat. Karenanya, pemberian pada hari pertama sebaiknya diberikan setelah burung dijemur.

Pada saat burung dijemur, hendaknya semua cepuk, termasuk cepuk air dan pakan, harus dicabut. Selain bertujuan supaya pakan dan air tidak terkontaminasi oleh sinar matahari yang tidak baik jika dimakan burung, juga bertujuan supaya burung berada dalam kondisi lapar dan haus. Ini memungkinkan burung bisa langsung mau meminum air seduhan air kencur tadi karena burung berada dalam kondisi dahaga yang sangat.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya air seduhan kencur ini diberikan setiap hari. Karenanya, anda sangat tidak disarankan untuk memberikan air putih selama proses terapi. Namun pastikan, anda selalu menggantinya dua kali sehari, pagi dan sore. Sebab, air seduhan ini akan basi dalam 12 jam.

Untuk itu, jika anda memberikan air seduhan kencur pada pagi hari, anda sudah harus diganti dengan air seduhan kencur yang baru pada sore  hari. Dengan begitu, air kencur yang anda berikan akan selalu higenis sehingga aman dikonsumsi oleh burung.

Manfaat Kencur untuk Suara Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment