Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, September 1, 2016

Membedah Misteri Penyebab Burung Love Bird Nyabut Bulu

Tipsburung.com - Ramai terjadi di mana burung love bird yang bukan termasuk burung kanibal tiba-tiba menjadi kanibal. Burung love bird tiba-tiba mencabut bulu (biasanya bulu dada) padahal sepertinya sedang tidak terjadi masalah dengan rawatan yang Anda berikan. Dan atas kasus ini, banyak penghobi burung love bird yang langsung menganggap bahwa hal ini disebabkan karena burung terlalu over birahi.


Memang betul, burung love bird yang mencabut bulu disebabkan karena faktor birahi yang berelebihan. Kondisi ini biasanya disebabkan karena beberapa kekeliruan dalam perawatan yang Anda berikan seperti kurang mandi, penjemuran yang ekstrem, terlalu banyak makan ekstra foding, dan lain sebagainya.

Tetapi apakah betul setiap burung love bird yang mencabut bulu identik dengan love bird yang birahi? Berdasarkan pengalaman, burung love bird mencabut bulu bukan hanya karena faktor birahi. Penyebab burung love bird nyabut bulu sebenarnya sangat kompleks.

Itulah alasannya mengapa meskipun burung love bird Anda sudah berikan terapi penurun birahi namun hasilnya selalu gagal. Hal ini disebabkan karena diagnosis Anda terhadap burung love bird ini salah sehingga solusinya pun kurang tepat sasaran. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa faktor yang bisa membuat burung love bird sering mencabut bulu.

Over Birahi
Kondisi burung love bird yang over birahi menjadi penyebab utama love bird menjadi kanibal. Karenanya, pahami karakter dan berikan rawatan bagus dan sesuai dengan karakter serta kemauan burung. Selain itu, lakukan mandi malam, kurangi EF dan penjemuran, atau masukkan dalam kandang ternah supaya bisa kawin dengan leve bird betina.

Kutuan
Burung love bird yang terserang kutu juga sangat mungkin untuk mencabut bulu-bulunya. Sebab, kutu burung itu sangat menggaggu dan menggigit kulit burung sehingga mau tidak mau burung juga akan memberikan reaksi dengan mencabut bulu-bulunya. Karenanya, untuk mengantisipasi masalah ini, sebaiknya lakukan mandi air daun sirih setiap dua kali seminggu. Selain itu, jaga kebersihan sangkar dan aksesorisnya, termasuk pangkringan, cepuk, dan kerodong.

Masalah mandi
Mandi yang kurang tepat sering kali membuat burung love bird tidak nyaman. Ini kerap kali berisiko membuat burung love bird menjadi kanibal. Begitu juga dengan mandi yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh burung, juga berpotensi membuat burung mencabut bulu-bulunya. Karenanya, ketahuilah cara mandi burung love bird Anda yang baik seperti apa. Selain itu, ketahui pula kondisi burung Anda, boleh mandi atau tidak.

Merasa tertekan dengan love bird lain
Burung love bird yang terganggu oleh keberadaan burung love bird lainnya juga sangat berisiko mencabut bulu-bulunya. Bisa saja burung merasa terusik atau malah ingin bertempur terus jika mendengar atau bahkan melihat burung love bird lainnya. Dan karena burung love bird ini tidak bisa melampiaskan semua apa yang dialaminya, mencabut bulu adalah salah reaksi yang paling potensial dilakukan oleh burung love bird tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, jauhkan burung love bird dari burung lain alias dikarantina. Bukan hanya diusahakan untuk tidak saling bertemu namun jangan sampai pula burung sampai mendengar suaranya. Selain itu, Anda bisa memberikan gelodok dalam sangkar yang saat ini sudah beredar gelodok berukuran kecil yang bisa ditaruh dalam sangkar bulat. Atau jika tidak, taruh di kandang umbaran lalu berikan gelodok.

Gelodok di sini berfungsi untuk memberikan kenyamanan pada burung love bird sehingga bisa melupakan penyakit nyabut bulunya. Jika dirasa burung love bird sudah tidak mencabut bulunya, burung love bird bisa dikeluarkan dan dimasukkan kembali ke dalam sangkar harian/bulat.

Tidak nyaman dengan sangkar
Ada kalanya burung love bird juga tidak nyaman dengan sangkar barunya. Akibatnya, burung love bird tidak hanya frekuensi bunyinya yang berkurang namun juga sering kali berpotensi menyebabkannya mencabut bulu-bulunya. Mengapa? Mungkin secara emosional burung merasa sangat tidak nyaman dengan sangkar barunya sehingga pelampiasannya adalah dengan mencabut bulu-bulunya.

Lalu bagaimana solusinya? Pindahkan kembali burung love bird Anda tersebut ke sangkar lamanya. Atau jika sudah jelek dan tidak layak pakai, belikan yang baru namun dengan model dan warna yang sama. Ini mungkin bisa menjadi alternatifnya.

Tidak nyaman dengan pangkringan
Burung love bird yang tidak nyaman dengan pangkringan barunya juga kerap kali tidak hanya membuat burung sering turun atau bahkan merambat. Lebih parahnya, burung love bird ini juga bisa mencabut bulu-bulunya. Dan sama seperti poin di atas, hal ini barang kali disebabkan karena burung love bird secara emosional mungkin merasa sangat tidak nyaman dengan pangkringan barunya sehingga pelampiasanya mencabut bulunya.

Cara terbaik untuk mengatasi burung love bird yang mengalami masalah ini adalah mencoba mengganti pangkringan dengan yang lama. Mungkin pangkringan yang baru kurang cocok dari segi bahan, kondisi permukaan, maupun ukurannya. Dengan mengganti dengan pangkringan yang lama, biasanya burung love bird akan lebih tenang karena sudah nyaman.

Stres
Burung love bird yang stres juga bisa mengalami cabut bulu. Penyebab stres sangat beragam, mulai pidan sangkar, lepas, sangkar jatuh, dan lain sebagainya. Jika ini terjatuh, sebaiknya lakukan mandi malam setiap hari dan putarkan suara terapi air mengalir.

Demikian beberapa penyebab burung love bird mencabut bulunya. Selama ini hal ini menjadi misteri dan bahkan sebagian besar penghobi malah langsung mengidentikkan denga love bird yang birahi. Padahal jika ditelusuri dan dipahami, kenyataannya tidak demikian.

Membedah Misteri Penyebab Burung Love Bird Nyabut Bulu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment