Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, September 5, 2016

Ranjau Bola, Solusi Paling Jitu Mengatasi Kacer Sering Ngelantai

Tipsburung.com - Ada kalanya, seekor kacer mempunyai kebiasaan buruk saat lomba. Burung bukannya tarung anteng namun kadang kala sering ngelantai. Kacer ngelantai sendiri dapat diartikan sebagai sebuah perilaku di mana seekor kacer sering turun ke lantai. Beberapa penghobi juga menyebut perilaku ini dengan sebutan nebok.

Ketika seekor kacer nebok atau ngelantai, meskipun kerja dari awal bagus, akan sulit sekali untuk mendapatkan bendera nominasi apalagi menjadi juara. Sebab ngelantai dapat mengurangi poin dalam sebuah kontes burung berkicau.



Meskipun tidak banyak, kasus kacer yang ngelantai cukup banyak juga ditemui. Bukan hanya burung kelas latber dan latpres, kacer-kacer jawarapun sering kali ditemukan mempunyai perilaku ngelantai ini. Untuk itu, sang empunya atau perawat harus bisa mengatasi perilaku ini dengan baik jika burungnya ingin tetap berada di jalur juara.

Banyak teori yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kacer yang suka ngelantai. Salah satu solusi paling jitu menurut tipsburung.com adalah dengan memakai jebakan atau ranjau bola. Jebakan ini sangat ampuh dalam mencegah burung kacer supaya tidak ngelantai saat lomba. Karenanya, saat lomba, burung fokus menghadapi musuh-musuhnya dengan posisi anteng di tangkringan atau pangkringan.

Dalam hal ini, beberapa bola ditaruh di dasar sangkar untuk menjebak supaya burung kacer Anda yang suka nebok merasa takut dan bahkan jera untuk menginjakkan kakinya ke lantai. Bola ini harus ditata sedemikian rupa di dasar lantai supaya tidak mengganggu penilaian.

Bola yang direkomendasikan adalah bola yang berukuran sedang dan berwarna-warni. Bola ini bisa Anda dapatkan dengan mudah sebab banyak beredar di pasaran. Dan adapun cara pemakaian bola ini ialah sebagai berikut.

•    Ambil bola tersebut secukupnya, sesuai dengan ukuran sangkar
•    Taruh bola tersebut dan tata dengan rapi di dasar sangkar.
•    Masukkan burung kacer ke dalam sangkar.

Perlu diketahui bahwa ranjau atau jebakan bola ini hanya dipakai pada saat lomba. Di luar waktu lomba, bola ini boleh dilepas supaya burung merasa tenang dan nyaman kembali berada dalam sangkar.

Demikian cara membuat jebakan atau ranjau bola untuk mengatasi kacer yang suka ngelantai. Selamat mencoba dan semoga sukses…!!!

Ranjau Bola, Solusi Paling Jitu Mengatasi Kacer Sering Ngelantai Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment