Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 23, 2016

Tahu Putih, Pakan Laternatif Bagus untuk Burung Kicauan Pemakan Serangga

Tipsburung.com - Tahu tidak hanya baik untuk dikonsumsi manusia namun juga untuk burung. Hal ini disebabkan karena tahu mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan burung berkicau, utamanya burung pemakan serangga.


Sebagaimana diketahui bahwa tahu merupakan hasil olahan dari kacang kedelai yang telah mengalami berbagai proses. Tahu ini menjadi makanan yang kaya akan protein namun rendah kalori. Dan sebagaimana kita ketahui pula bahwa voer, baik untuk ayam mapun burung, sebagian besar berbahan dasar kedelai.

Untuk itu, jika tahu yang merupakan olahan dari kedelai ini juga diberikan pada burung, tentu saja sangat baik karena kaya nutrisi. Sebab, tahu tidak hanya kaya protein namun juga mengandung berbagai mineral dan vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin D, dan lain-lain. Dan untuk melihat kandungan tahu tersebut, dapat anda lihat dalam gambar tabel berikut.


Sumber: Depkes, 1996

Manfaat tahu untuk burung
Pemanfaatan tahu untuk burung sebenarnya sudah lama karena memang sangat baik jika diberikan pada burung. Dan jika pada sebelumnya tahu pada umumnya hanya diberikan pada burung-burung besar seperti cendet, jalak kebo, dan lain sebagainya, saat ini tahu juga sudah diberikan pada burung-burung kecil seperti ciblek, pleci, gelati, dan lain-lain.

Tahu yang diberikan pada burung mempunyai banyak kelebihan seperti menjaga kesehatan burung supaya selalu fit. Tahu juga bermanfaat untuk menjaga stamina burung sehingga selalu prima. Bahkan tahu juga bisa dijadikan diet untuk burung-burung yang mengalami kegemukan karena bisa menurunkan berat badan burung.

Burung yang diberikan tahu juga bulu-bulunya akan menjadi lebih kuat. Hal ini disebabkan oleh kandungan tahu di atas yang mempunyai manfaat baik untuk pertumbuhan dan memperkuat bulu-bulu burung.

Pilih tahu putih
Adapun dari berbagai varian tahu yang ada saat ini di pasaran, jenis tahu yang paling direkomendasikan adalah tahu putih. Sebab, tahu putih selain lebih alami juga sangat mudah untuk dibedakan yang basi dan yang segar.

Sebelum anda memberikan tahu ini pada burung, pastikan anda memilih tahu putih yang masih segar atau bagus. Tahu yang sudah basi atau kurang segar, sangat tidak baik jika diberikan pada burung. Sebab, dikhawatirkan sudah terkontaminasi oleh berbagai macam mikroorganisme yang sangat membahayakan kesehatan burung.

Cara pemberian tahu pada burung
Adapun cara pemberian tahu pada burung berkicau adalah diberikan langsung pada burung. Caranya adalah potong tahu menjadi beberapa bagian kecil lalu taruh dalam cepuk. Cara ini lebih efektif karena tahu bisa dimakan secara langsung oleh burung.

Adapun jika burung anda tidak mau memakan tahu tersebut, pemberiannya bisa diberikan pada jangkrik atau ulat. Karenanya, sebelum jangkrik atau ulat ini diberikan pada burung, berikan pakan tahu terlebih dahulu setidaknya selama semalaman. Besok paginya, anda sudah bisa memberikannya pada burung. Meski kurang efektif karena tidak bisa dimakan secara langsung oleh burung, cara ini tergolong sangat praktis.

Tahu juga dapat diberikan pada burung dengan cara dijadikan bahan campuran olahan pakan. Namun cara ini hanya dianjurkan jika burung benar-benar tidak mau pada potongan tahu yang anda berikan. Sebab, cara ini biasanya kurang efektif, kecuali olahan tersebut adalah racikan untuk membuat voer.

Tahu Putih, Pakan Laternatif Bagus untuk Burung Kicauan Pemakan Serangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

rahma auliya said...

terimakasih informasinya yah gan
http://www.obattrigliseridatinggi.xyz/

Post a Comment