Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, September 9, 2016

Teknik Mengembalikan Mental dan Fighter Cucak Ijo dengan Cepat

Tipsburung.com - Burung cucak ijo adalah burung yang mudah down dan kehilangan mental jika terjadi sesuatu. Hal ini biasanya disebabkan oleh beragam hal, seperti perawatan yang kurang tepat, perpindahan sangkar, kaget dengan suara (seperti mercon), dan lain sebagainya.

 source: ocehan-kenari.blogspot.com

Ketika burung cucak ijo mengalami hal demikian, biasanya akan menjadi pendiam. Burung pun tidak mau merespon musuh saat digendeng atau lomba.

Untuk mengatasi burung cucak ijo yang hilang mental dan fighter seperti ini, diperlukan teknik perawatan khusus supaya bisa sembuh lebih cepat. Beberapa teknik yang dapat anda lakukan ialah sebagai berikut.

Lakukan pengembunan rutin
Untuk mengatasi burung cucak ijo yang hilang mental dan fighter bisa anda atasi dengan rajin mengembunkannya setiap pagi. Pengembunan yang dilakukan secara rutin, bisa mengembalikan mental dan fighter burung cucak ijo lebih cepat.

Dengan melakukan pengembunan, pelan-pelan burung cucak ijo anda akan kembali berbunyi dengan rajin. Begitu juga dengan fighternya, akan muncul sehingga bisa diadu kembali.

Mandi sauna
Mandi sauna juga bisa anda dilakukan, burung basah dan kerodong kering. Mandi sauna ini terbukti ampuh mengembalikan mental burung yang drop dan membuatnya rajin berbunyi kembali.

Namun dalam melakukan mandi sauna ini, Anda sangat ditekankan untuk selalu mengontrol kondisi burung. Dikhawatirkan burung tidak kuat sehingga sangat berbahaya untuk kesehatan burung.

Selain itu, durasi mandi sauna harus dilakukan secara bertahap. Awal-awal, anda bisa melakukannya cukup setengah jam saja mulai jam 9 pagi. Jika burung cucak ijo anda sudah mulai lebih kuat, durasi penjemuran bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan.

Mandi air es
Mandi air campur air es bisa juga dilakukan, setidaknya dua kali dalam seminggu. Adapun waktu yang paling direkomendasikan adalah pagi hari sekitar jam 8. Dan ingat, dalam memandikannya, tidak boleh sampai terlalu lepek sebab tidak baik untuk mental burung. Bukannya sembuh, burung cucak ijo anda malah bisa jadi drop.

Jauhkan dari burung lain
Menjauhkan burung cucak ijo yang sedang hilang mental dan fighter dari burung lain, apalagi sejenis, adalah hal yang perlu anda lakukan. Sebab, karantina selain bisa membuat burung lebih nyaman, juga akan merefresh otak burung sehingga sangat efektif mengatasi burung cucak ijo seperti ini.

Anda bisa membuatkan satu kamar khsus yang jauh dari suara burung lain atau menitipkannya di rumah saudara. Sebab, jika masih dalam satu rumah, burung cucak ijo anda akan tetap bisa mendengar suara burung lain yang anda pelihara.

Full kerodong
Pengerodongan harus dilakukan setiap hari. Dalam hal ini, setelah burung habis dijemur, sebaiknya langsung dikerodong hingga sore hari. Begitu juga dengan malam harinya, harus difull kerodong. Pengerodongan model seperti ini sangat efektif dalam mengembalikan mental dan fighter burung.

Berikan jamu gendong
Anda juga bisa memberikan jamu gendong pada burung cucak ijo anda. Jamu gendong bisa anda buat sendiri dari bahan gula jawa dan asem jawa yang kemudian dicampur dengan air secukupnya. Setelah itu, berikan pada burung cucak ijo anda yang hilang mental dan fighter tersebut.

Setelkan suara air mengalir
Anda juga bisa memperdengarkan suara air mengalir pada burung cucak ijo setiap hari. Namun yang paling efektif adalah pada malam hari saat situasi tenang. Hal ini akan memberikan rangsangan dan stimulus pada burung untuk kembali cepat gacor dan fighter.

Suara air mengalir ini pun bisa diputar pada siang hari setelah burung habis dijemur. Dan pastikan suara air tersebut disetel dengan volume sedang saja agar lebih maksimal.

Teknik Mengembalikan Mental dan Fighter Cucak Ijo dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment