Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, September 20, 2016

Tips Mengatasi Cendet Demam Panggung Supaya Lebih Siap Tempur di Lapangan

Tipsburung.com - Saat pertama kali digantang, seekor cendet sangat lumrah jika hanya tolah-toleh alias demam panggung. Hal ini disebabkan karena cendet tersebut belum terbiasa dan mempunyai pengalaman dengan suasana lapangan. 

Pun cendet merasa sangat keget dengan kondisi lapangan sehingga menjadi sangat gugup. Namun kadang kala, meskipun sudah beberapa kali dicoba, cendet belum bisa tampil dengan maksimal karena demam panggung tersebut.


Demam panggung biasanya lebih sering dialami oleh cendet yang masih berusia muda. Begitu juga dengan cendet tua namun tidak pernah digandeng atau ditrek, juga sangat berpotensi mengalami demam panggung ketika dilombakan. Hal ini disebabkan karena burung-burung ini belum mempunyai pengalaman dan juga secara mental yang cukup.

Untuk mengatasi cendet yang mengalami demam panggung seperti ini, atau meminimalisir cendet supaya tidak demam panggung saat pertama kali dilombakan, setidaknya anda perlu melakukan beberapa hal sebagai berikut.

Sering-sering ditrek
Sebelum diturunkan ke arena lomba, sebaiknya cendet bahan, baik muda maupun dewasa, dilatih terlebih dahulu. Latihan bisa dilakukan dengan cara ditrek atau digandeng sesering mungkin, baik dengan hanya satu lawan atau lebih. Hal ini akan memberikan pengalaman pada burung cendet anda supaya lebih siap menghadapi lomba.

Latihan ini bisa dilakukan setiap minggu atau setengah bulan sekali. Sebab, latihan terlalu sering juga tidak baik, apalagi untuk cendet muda. Karena secara mental, cendet muda seperti ini belum siap untuk ditarungkan lebih sering.

Sering dibawa jalan-jalan
Sesekali, bawalah cendet bahan anda untuk berjalan-jalan, terutama ke lapangan saat latberan. Anda bisa menggantungnya di keramaian atau daerah dekat gantangan supya bisa melihat burung-burung lain. Semua ini akan memberikan pengalaman pada burung supaya lebih siap ketika diturunkan ke arena lomba.

Pindah tempat sesering mungkin
Saat berada di rumah, jangan hanya menggantung burung di tempat itu-itu saja. Cobalah untuk dipindah ke tempat-tempat lain yang lebih baru. Metode ini bisa melatih mental cendet supaya lebih matang dan tidak gugup jika diturunkan di latberan.

Buka kerodong di lapangan
Jika burung cendet anda ingin diturunkan ke latberan, sesampainya di lapangan, cobalah untuk dibuka terlebih dahulu selama beberapa menit. Setelah burung berbunyi gacor, segera kerodong kembali. Sebab, ini menandakan bahwa cendet sudah beradaptasi dengan baik dengan lingkungan barunya.

Demikianlah beberapa metode mengatasi cendet yang demam panggung. Dengan metode ini, cendet anda akan menjadi lebih siap untuk bertempur di arena manapun saat lomba.

Tips Mengatasi Cendet Demam Panggung Supaya Lebih Siap Tempur di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment