Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, September 20, 2016

5 Jenis Cucak Ijo yang Ada di Indonesia

Tipsburung.com - Cucak ijo adalah burung yang mempunyai suara merdu dan indah. Burung ini juga mempunyai gaya tarung yang khas dan sangat bagus sehingga banyak yang menyukainya.

Dalam dunia burung berkicau, cucak ijo termasuk ke dalam salah satu burung kicauan yang sangat popular. Bahkan termasuk juga ke dalam deretan burung kelas bergengsi yang harganya bisa menembus puluhan hingga jutaan rupiah.


Penyebaran burung cucak ijo di Indonesia sangat luas, dimulai dari tanah Jawa, Sumatra, dan Kalimantan. Jenis burung cucak ijo pun beragaram, baik dari warna maupun bentuk sehingga mempunyai sebutan yang berbeda-beda, sehingga mempunyai nama yang berbeda-beda.

Pada setiap daerah, burung cucak ijo mempunyai keunikan sendiri-sendiri yang berbeda satu sama lain. Adapun untuk lebih jelasnya mengenai jenis-jenis cucak ijo ini ialah sebagai berikut.

Cucak ijo jawa timur
Cucak ijo jawa timur adalah sebuah istilah yang merujuk pada cucak ijo yang hidup dan menyebar di jawa seluruh jawa timur. Dan di antara cucak ijo yang paling terkenal sejauh ini adalah cucak ijo Banyuwangi dan sekitarnya. 


source: mediabnr.com

Cucak ijo Banyuwangi sejauh ini memang sangat popular karena mempunyai kualitas yang sangat bagus, baik dari segi kicauan maupun mental. Tak ayal jika cucak ijo dari daerah alas purwo menjadi sangat terkenal.

Namun begitu, keberadaannya saat ini sudah bisa dibilang punah karena populasinya yang sudah sedikit. Kalaupun ada, tentu akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan cucak ijo alas purwo ini karena alas ini dilindungi sehingga para pemikat sangat sulit untuk bisa menjangkau alas tersebut.

Cucak ijo yang tidak kalah bagusnya adalah cucak ijo yang penyebarannya terdapat di Jember dan perbatasan Jember-Banyuwangi. Daerah-daerah tersebut masih terdapat banyak hutan dan kualitas cucak ijonya tidak kalah bagus dengan cucak ijo banyuwangi.

Cucak ijo banyuwangi atau jawa timur ini mempunyai ciri fisik berukuran besar dan panjang dengan kepala juga besar. Jika dilihat saat nangkring, postur tubuh burung cucak ijo banyuwangi ini melengkung dengan warna bulu yang hijau tua.

Cucak Ijo Kalimantan
Cucak ijo Kalimantan adalah cucak ijo yang penyebarannya terdapat di Kalimantan. Saat ini, cucak ijo ini juga juga sangat popular. Bahkan di tanah jawa, burung cucak ijo Kalimantan ini sangat banyak dengan kualitas yang tidak kalah dengan cucak ijo banyuwangi.


source: s918.photobucket.com

Cucak ijo Kalimantan ini mempunyai ciri fisik di mana ukuran tubuhnya lebih kecil daripada cucak ijo jawa timur. Selain itu, bentuk badan cucak ijo Kalimantan juga kaki alias tidak melengkung sebagaimana cucak ijo jawa timur.

Adapun warnanya, burung cucak ijo Kalimantan mempunyai warna bulu hijau muda yang agak kekuningan. Dan soal mental, cucak ijo Kalimantan sangat bagus dan tidak kalah dengan cucak ijo jawa timur yang terlebih dahulu booming.

Cucak ijo Sumatra
Cucak ijo Sumatra memiliki bentuk tubuh yang lebih kecil dan pendek dari kedua jenis cucak ijo di atas. Selain itu, burung cucak ijo Sumatra juga mempunyai ciri warna kuning keemasan yang cukup menyolok pada dahinya. Burung cucak ijo Sumatra ini juga memiliki ciri warna biru pada kedua pipinya.


source: kaskus.co.id

Burung cucak ijo Sumatra meski kurang populer, namun sejauh ini banyak juga yang menjadi jawara. Karenanya, di tengah ramainya cucak ijo jawa timur dan Kalimantan, tidak sedikit orang yang memelihara cucak ijo Sumatra ini.

Cucak ijo mini
Sesuai namanya, cucak ijo ini memiliki ukuran bentuk tubuh yang mungil. Adapun warna bulunya, cucak ijo mini memiliki warna bulu hijau yang lebih matang. Sedangkan kepanya, berwarna hijau tua. 


source: cherewed.com

Cucak ranti
Cucak ranti juga termasuk ke dalam kategori cucak ijo dengan ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan cucak ijo mini. Cucak ranti mempunyai ciri bulu yang terdiri dari empat macam warna yang berkombinasi antara warna hitam, kuning, hijau, dan biru.


source:burunghobi.com

5 Jenis Cucak Ijo yang Ada di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

1 komentar:

Unknown said...

Sedikit Informasi gan...di Sumatera ada 2 jenis Cucak Ijo yang terkenal dengan nama Cucak Ijo (Polos) dan Cucak Ijo Kepala Kuning...

Post a Comment