Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, October 19, 2016

3 Cara Paling Efektif Menjinakkan Cendet Muda Hutan

Tipsburung.com - Cendet muda hutan mempunyai keunggulan yang sangat tinggi dari segi volume dan power. Hal ini disebabkan karena burung yang dibesarkan oleh indukannya di alam liar, kebutuhan nutrisi burung terpenuhi dengan baik. Selain itu, burung cendet muda hutan mempunyai aktivitas fisik yang baik sejak kecil karena bisa terbang dari pohon ke pohon setiap waktu dengan bebas.


Kedua hal di atas memberikan kontribusi yang sangat penting dalam perkembangan burung. Tidak hanya dari segi volume dan power, cendet muda hutan juga mempunyai keunggulan dari segi tenaga.

Cendet muda hutan mempunyai tenaga yang lebih besar sehingga burung tampak lebih tangkas dan lincah daripada burung cendet hasil lolohan, baik saat keseharian maupun saat bertarung. Itulah sebabnya ada sebagian kalangan lebih senang mendapatkan cendet muda hutan daripada hasil lolohan.

Namun begitu, ada tantangan yang sangat berat dan ini harus dihadapi jika anda memilih cendet muda hutan. Cendet adalah burung yang sangat sulit untuk dijinakkan dan karenanya anda harus mempunyai kesabaran dan ketelatenan yang ekstra.

Sebenarnya, ada tiga cara dalam menangani cendet muda hutan supaya bisa jinak. Namun begitu, efektif dan tidaknya cara ini sangat bergantung pada ketelatenan anda dan usia burung cendet tersebut. Semakin muda usia cendet muda hutan tersebut, maka teori ini akan semakin efektif.

Jangan dikerodong
Cendet muda hutan sebaiknya tidak dikerodong sepanjang hari. Hal ini dimaksudkan supaya cendet lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga lebih cepat jinak.

Dalam meletakkan burung cendet muda hutan ini, sebaiknya taruh di tempat lalu lalang orang. Bahkan jika bisa, letakkan di ruang tamu, ruang TV, atau bahkan ruang kerja anda.

Selama seharian, biarkan burung seolah-olah berinteraksi dengan anda. Bahkan jika bisa, sesekali berikan tatapan pada burung cendet anda, seolah-olah anda sedang mengajaknya berkomunikasi.

Mandikan sesering mungkin
Mandi pada burung cendet muda hutan bisa dilakukan setiap hari. Bahkan jika mungkin, sangat disarankan untuk dilakukan dua kali sehari, pagi dan malam.

Sebagaimana diketahui, mandi pada burung sangat membantu dalam penjinakan. Untuk itu, memandikan cendet muda hutan lebih sering adalah sesuatu yang mutlak dilakukan. Dan jangan lupa, memandikan cendet muda hutan ini tidak asal basah, namun harus dipastikan bulu burung sampai lepek.

Terapi lapar
Burung cendet adalah burung yang sangat sensitif sehingga kadang kala cendet muda hutan mengalami stres berat. Untuk meminimalisir kematian dan supaya cepat jinak, anda bisa menyiasatinya dengan terapi lapar. Dengan terapi ini, tenaga burung bisa berkurang sehingga bisa sedikit bersahabat dengan anda.

Saat burung dalam kelaparan, cobalah berikan jankrik dari tangan. Jika belum mau, gunakan lidi. Biasanya, burung cendet yang lapar, akan langsung mau menyambar jangkrik tersebut.

Saat burung mengejar jangkrik, goda burung supaya mengejar jangkrik lebih agresif. Hal ini memungkinkan burung bisa jinak lebih cepat. Apalagi jika burung sampai miyik, burung bisa jinak lebih cepat lagi.

Selain itu, dalam kondisi basah setelah habis dimandikan, coba berikan jangkrik dengan menggunakan tangan langsung. Jika tidak mau, pakai cara di atas di mana jangkrik diberikan dengan menggunakan lidi.

Jika dilakukan dengan sabar dan telaten, ketiga terapi di atas sangat ampuh dalam menjinakkan cendet muda hutan. Karenanya, rawatlah cendet muda hutan anda dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, niscaya cendet anda akan jinak lebih cepat.

3 Cara Paling Efektif Menjinakkan Cendet Muda Hutan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment