Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, October 7, 2016

6 Cara Mengatasi Cendet Salto Saat Digantang

Tipsburung.com - Cendet adalah burung yang sangat sensitif dalam masalah birahi. Burung yang berlebih dalam asupan EF bisa menjadi munting dan salto di lapangan. Begitu juga jika asupan EF-nya kurang, burung akan cenderung banyak ngetem.


Karenanya, burung cendet salto di lapangan sangat dipengaruhi oleh setingan EF yang berlebihan. Karenanya, untuk meminimalisir salto, anda bisa melakukan beberapa hal berikut.

1. Cari setelan EF yang paling pas
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk mengatasi atau bahkan menghindari cendet salto di lapangan adalah dengan cara mencari setelan EF yang benar-benar pas.

Burung cendet yang kelebihan EF, sekalipun hanya satu ekor jangkrik saja, sangat berpotensi menyebabkan cendet salto di lapangan. Karenanya, sering-seringlah dilatberkan untuk mencari setelan yang benar-benar pas. Dan jangan sampai lelah untuk mengotak-atik setelan dan bereksperimen untuk mendapatkan setelan yang paling pas.

2. Sering latih sebelum dilatberkan
Cendet salto kadang kala disebabkan karena cendet takut atau kaget dengan keberadaan musuh yang banyak. Burung merasa gugup dan tidak sanggup menghadapi musuh-musuhnya sehingga ia salto sebagai pelampiasannya.

Untuk mengatasi cendet seperti ini, sebelum diturunkan ke latberan, sering-seringlah cendet digandeng dengan cendet-cendet lainnya terlebih dahulu. Anda bisa melakukannya setiap minggu sekali.

Jika cendet anda mau merespon dengan baik, tambahlah pesertanya. Anda bisa mengajak teman-teman yang lain untuk berkumpul dan mengetes mental cendet-cendet mereka.

Selain itu, ajak jalan-jalan cendet tersebut supaya tidak kaget jika melihat burung cendet lain. Anda bisa mengajak cendet anda ke rumah teman yang mempunyai cendet atau burung-burung lainnya.

3. Ganti pangkringan
Meskipun kasusnya tidak terlalu sering, cendet yang tidak cocok dengan pangkringannya juga berpotensi salto di lapangan. Dan dalam beberapa kasus, cendet seperti ini biasanya tidak hanya salto di lapangan namun juga saat harian di rumah.

Ketidakcocokan cendet dengan pangkringan bisa meliputi ukuran (besar dan kecil pangkringan), bentuk, bahan, dan pola peletakan. Karenanya, selalu bereksperimen perihal pangkringan adalah hal paling penting untuk menemukan solusi cendet anda supaya tidak salto.

4. Saat di lapangan, jauhkan dari keramian
Mempersiapkan cendet untuk lomba tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan hanya di rumah, persiapan cendet juga harus dilakukan di lapangan.

Saat sampai di lapangan, tempatkan burung jauh dari keramaian. Sebab jika sampai burung cendet mendengar suara burung lain dan sampai drop, bukan tidak mungkin cendet anda akan salto dan munting saat digantang di lapangan.

Karenanya, pisahkan cendet anda dari burung-burung lain. Pilihlah tempat yang jauh dan agak sepi supaya cendet anda tenang sehingga bisa tampil maksimal saat di lapangan.

5. Main setengah basah
Solusi lainnya jika cendet anda tetap salto saat digantang di lapangan sebaiknya semprot kedua pangkringan, baik atas maupun bawah. Pangkringan yang basah dapat membuat burung cendet merasa lebih nyaman sehingga bisa mengurangi salto.

6. Semprot pangkringan sebelum naik
Jika cendet anda masih juga tetap salto, main setengah basah. Maksudnya adalah di mana cendet sebelum naik, dimandikan terlebih dahulu.

Adapun cara memandikannya jangan sampai terlalu basah karena dikhawatirkan dapat mengurangi performa burung cendet anda. Bulu yang terlalu basah berisiko membuat cendet ngetem atau bahkan gembos.

Itulah enam cara untuk mengaatsi cendet yang sering salto di lapangan. Dengan melakukan teknik ini, dipastikan salto cendet anda akan berkurang dan bahkan bisa sembuh total.

6 Cara Mengatasi Cendet Salto Saat Digantang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment