Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, October 13, 2016

5 Cara Paling Efektif Meningkatkan Mental Cucak Ijo

Tipsburung.com ─ Ada kalanya, burung cucak ijo memiliki mental yang kurang memadai sehingga susah untuk bisa merespon atau bertarung ketika ada musuh. Bahkan jika burung ini dicoba untuk latberan, burung cucak ijo ini pun akan susah jalan di lapangan.

Gambar: Slover Kamilla Bella‎ dalam PBCI

Kurangnya mental pada cucak ijo seperti ini, kadang kala memang bawaan dari ijo itu sendiri. Di samping itu, kadang pula hanya karena pola perawatan yang kurang pas sehingga burung tidak benar-benar berada dalam kondisi prima. Akibatnya, mental burung menjadi setengah tiang.

Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan bagaimana cara yang harus anda lakukan untuk meningkatkan mental burung cucak ijo anda sebagaimana berikut.

1. Diasingkan sementara waktu
Mengasingkan burung cucak ijo yang kurang mental seperti ini adalah sebuah keharusan jika anda ingin mental burung tersebut menjadi bagus kembali. Sebab, model perawatan karantina seperti ini memungkinkan burung merasa tenang sehingga mentalnya pun kembali terbentuk.

Selama masa karantina, jangan sampai burung mendengar suara apalagi bertemu dengan burung sejenis. Bahkan untuk burung-burung fighter lainnya, juga sangat disarankan untuk dihindari. Untuk itu, burung cucak ijo dalam masa ini benar-benar dibuat tenang.

2. Full kerodong
Membuat burung cucak ijo setiap hari juga bisa membantuk meningkatkan mental burung cucak ijo. Sebab, dengan full kerodong seperti ini, burung juga akan senantiasa merasa tenang sehingga mental burung pun juga mulai terbentuk.

Kerodong baru boleh dibuka ketika burung cucak ijo mandi atau sedang dijemur. Selebihnya, biarkan burung cucak ijo tetap dalam kondisi dikerodong.

3. Mandi sauna
Burung cucak ijo yang kurang mental seperti ini juga memerlukan mandi sauna. Model jemur seperti ini sangat ampuh dalam meningkatkan mental dan kerajinan burung apapun, termasuk burung cucak ijo. Karenanya, lakukan sauna ini setiap hari sampai burung cucak ijo anda menunjukkan perubahan yang signifikan.

Adapun model mandi saunanya adalah di mana burung dalam kondisi kering dan juga kerodong kering. Penjemuran bisa dilakukan di bawah terik matahari langsung yang lagi panas-panasnya. Dan jika burung cucak ijo anda belum terbiasa, kontrol secara rutin setiap saat.

4. Rajin diembunkan
Anda juga bisa mengembunkan burung cucak ijo anda yang kurang mental tersebut. Pengembunan yang sangat disarankan adalah di pagi hari, bukan sore atau malam. Pengembunan bisa dilakukan mulai jam setengah lima hingga matahari terbit.

Pengembunan yang dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan mental dan fighter burung, termasuk burung cucak ijo. Karenanya, mengembunkan burung cucak ijo seperti ini adalah sesuatu yang mutalak untuk dilakukan.

5. Kalau perlu, coba diumbar
Jika burung cucak ijo anda belum menunjukkan perubahan yang signifikan, cobalah lakukan pengumbaran setiap hari. Waktu pengumbaran yang direkomendasikan ialah setelah burung selesai dijemur.

Adapun durasi pengumbaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Dan yang terpenting dalam konteks ini adalah konsistensi.

5 Cara Paling Efektif Meningkatkan Mental Cucak Ijo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment