Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, October 11, 2016

5 Manfaat Air Embun untuk Burung Berkicau

Tipsburung.com - Sudah sejak zaman nenek moyang kita, air embun sudah dikenal sebagai air minuman yang sangat menyehatkan. Karenanya, orang-orang dahulu kala banyak yang membuat air ini sebagai minuman segar setiap pagi setelah mereka bangun dari tidur.


Sebagaimana diketahui bahwa air embun adalah air yang telah mengalami proses pengembunan (destilasi). Karenanya, untuk mendapatkan air embun, taruhlah air dalam Kendi atau wadah apapun lalu taruh di bawah langit langsung, khususnya di pagi hari hingga pagi hari ketika fajar tiba hingga terbit matahari. Hal ini karena embun lebih banyak muncul di pagi hari daripada malam hari.

Air embun ini biasanya mempunyai rasa yang berbeda dengan air butih biasa. Terjadinya perubahan gas menjadi suatu cairan dalam proses pengembunan telah mengubah rasa air ini menjadi lebih senyuk dan segar.

Air embun ini tidak hanya baik untuk dikonsumsi manusia namun juga baik diberikan pada burung. Burung-burung yang diberikan minum air embun ini akan menjadi lebih sehat sehingga bisa lebih rajin dalam berkicau.

Adapun rincian manfaat air embun pada burung berkicau ialah sebagai berikut.

1. Menjernihkan suara
Burung yang diberikan air embun setiap hari suaranya akan lebih jernih, lantang, dan merdu. Ini memungkinkan burung mempunyai kans yang cukup besar untuk menjadi juara dalam setiap kontes burung berkicau.

2. Menyembuhkan serak
Karena air embun menjernihkan suara, maka air embun ini juga sangat cocok diberikan pada burung-burung yang mengalami berbagai gangguan suara, seperti serak. Sebab air embun dapat membuat tenggorokan burung menjadi lebih lega dan plong sehingga berbagai gangguan bisa diobati dengan baik.

3. Menyegarkan tubuh dan pikiran
Air embun juga dapat menyegarkan tubuh burung sehingga burung akan jauh lebih sehat dari sebelumnya. Hal ini disebabkan karena air embun ini memberikan perasaan segar dalam tubuh. Selain itu, air embun juga dapat menyejukkan tubuh bagian dalam dan menyegarkan pikiran burung.

4. Membersihkan usus
Air embun juga bermanfaat membersihkan usus sehingga proses BAB burung menjadi lebih lancar. Dalam hal ini, burung tidak mengalami kendala apapun dalam masalah BAB. Bahkan ini juga bisa mengobati berbagai gangguan pada usus burung seperti berak air, berak kapur, dan lain sebagainya.

5. Menenangkan diri
Air embun juga bisa membuat burung menjadi lebih tanang karena air embun memberikan perasaan tenang pada burung. Karenanya, burung stres atau dalam masa adaptasi sangat dianjurkan untuk diberikan air embun.

Demikian 5 (lima) manfaat air embun pada burung berkicau. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat….!!!

5 Manfaat Air Embun untuk Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment