Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, October 12, 2016

5 Solusi Paling Tepat Mengatasi Burung Hilang Suara

Tipsburung.com - Pernahkah anda mempunyai burung yang tiba-tiba hilang suara? Meskipun kasusnya sedikit, namun ksus hilang suara pada burung berkicau bisa berakibat fatal jika tidak diatasi dengan baik. Sebab sebagaimana namanya, burung berkicau adalah makhluk yang selalu bernyanyi dan karenanya kualitas suaranya harus selalu dijaga dengan baik.


Burung yang hilang suara bukan berarti suara mengecil namun suara tersebut benar-benar hilang. Sekalipun berbunyi, burung seperti ini tidak mengeluarkan suara apapun, kecuali hanya paruhnya yang buka-tutup.

Lalu apa sebenarnya yang terjadi pada burung seperti itu? Belum diketahui secara pasti, namun yang jelas ini sebagai kondisi serak yang sangat parah. Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan beberapa teknik penanganan yang harus anda lakukan jika mendapati burung yang sedang hilang suara.

1. Kurangi penjemuran
Pertama-tama anda harus mengurangi penjemuran. Jika anda menjemur burung setiap hari maka kurangi menjadi dua atau tiga hari sekali. Selain itu, durasi jemur pun juga harus dikurangi.

Adapun jam penjemuran burung terhadap burung hilang suara yang sangat direkomendasikan adalah pada waktu pagi hari. Dan yang paling ideal adalah antara jam 7 hingga jam 9. Lebih dari jam tersebut, burung yang hilang suara lebih baik tidak dijemur saja.

2. Berikan air larutan
Berikan air larutan yang sudah tersebar banyak di pasaran. Air larutan ini sebagai pengganti dari air minum burung. Karenanya, sepanjang anda memberikan terapi pada burung, stop pemberian air putih biasa.

Adapun air larutan yang direkomendasikan adalah airt larutan botol yang tanpa rasa. Sebab hanya air larutan ini yang paling cocok atas kondisi burung yang hilang suara.

3. Berikan air embun
Di samping air larutan, anda juga bisa memberikan air embun pada burung. Sebab air embun ini mempunyai manfaat yang luar biasa pada kesehatan burung, utamanya dalam menjernihkan suara. Karenanya, selang seling pemberian air embun ini dengan air larutan dalam setiap harinya. Untuk informasi selengkapnya baca lagi artikelnya di SINI.

4. Berikan daun mengkudu
Jika burung anda adalah burung pemakan serangga, daun mengkudu bisa diberikan lewat jangkrik. Sedangkan jika burung pemakan sayur dan buah, maka daun mengkudu ini bisa langsung diberikan pada burung anda.

5. Berikan jahe dan kencur
Untuk burung pemakan serangga, jahe dan kencur juga bisa diberikan pada burung lewat jangkrik atau bahkan ulat. Sehari sebelum jangkrik atau ulat diberikan pada burung, berikan jahe atau kencur.

Sedangkan untuk burung pemakan sayur dan buah, jahe dan kencur bisa direbus lalu diambil airnya. Setelah itu, berikan pada burung anda yang hilang suara.

Demikian cara mengatasi burung yang hilang suara. Semoga bermanfaat dan salam kicaumania….!!!

5 Solusi Paling Tepat Mengatasi Burung Hilang Suara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment