Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, October 8, 2016

Cara Merawat Anakan Burung Cendet Ala Om Santoso Sumenep

Tipsburung.com - Om Santoso merupakan salah satu pencetak cendet yang cukup handal di daerah Sumenep. Beberapa cendet asuhannya sudah banyak yang mengharumkan namanya. Bahkan beberapa tahun belakangan ini, Om Santoso menjadi pencetak cendet untuk salah satu pemain cendet ternama di tanah Jawa.

anakan cendet hasil lolohan Om Santoso sudah bisa nangkring

Tempat tinggalnya di Batang-batang Sumenep di mana cendet liar masih terhitung banyak, dijadikan kesempatan olehnya untuk selalu mencari anakan-anakan berkualitas untuk kemudian dicetak menjadi burung jawara. Karenanya, Om Santoso bukan hanya seorang pencetak dan pengorbit namun juga sebagai “petani” cendet.

Merawat anakan cendet gampang-gampang susah. Jika salah perawatan, burung kada kala tidak bisa tumbuh dengan optimal dan bahkan tragisnya mati. Dan Om Santoso sudah sangat mahir dalam memelihara cendet anakan, bahkan sejak anakan cendet tersebut belum tumbuh bulu.

Menurut Om Santoso, memelihara anakan burung cendet harus mempunyi pengetahuan lebih. Sebab, anakan cendet tidak hanya harus diberikan makan dan minum namun waktu pemberian makan dan asupannya juga berbeda dengan cendet yang sudah dewasa.



Om Santoso

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan sedikit hasil obrolan kecil dengan Om Santoso bagaimana cara yang tepat merawat anakan burung cendet supaya bisa hidup dan berkembang dengan optimal. Hasil obrolan kecil ini kami peroleh saat www.tipsburung.com mendatangi kediamannya beberapa bulan lalu di Desa Batang-batang Sumenep, Madura.

Loloh setiap dua jam sekali
Menurut Om Santoso, untuk masalah pakan, anakan cendet ini harus diberikan makan atau diloloh setiap hari. Dalam setiap harinya, Om Santoso meloloh cendet anakannya setiap dua jam sekali. Jika sampai terlambat, anakan cendet kadang kala tidak mau membuka mulut karena terlalu lapar. Akibat terburuk dari kondisi ini adalah di mana burung kadang kala bisa mati.

“Anakan cendet itu harus diloloh setiap dua jam sekali. Jangan terlalu sering tetapi jangan sampai pula telat. Anakan cendet yang diloloh terlalu sering kurang baik. Begitu juga jika sampai telat, bisa berakibat fatal”, jelas Om Santoso.

Berikan asupan bernutrisi tinggi
Anakan cendet membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Karenanya, anda sangat keliru jika hanya memberikan voer sebagai pakan utama cendet anakan setiap hari. “Untuk itu, berikan jangkrik yang sudah dibuang kaki dan kepalanya setiao kali selesai diloloh, paling tidak dua ekor”, tambah Om Santoso.

Di samping jangkrik, anda juga perlu memberikan jenis EF lainnya untuk melengkapi kebutuhan cendet anakan terhadap nutrisi setiap harinya. Kroto adalah EF yang paling direkomendasikan, sebab EF ini mengandung nutrisi paling bagus dan lengkap daripada ulat dan EF lainnya.

“Saya selalu mencampur kroto ke dalam adonan voer. Takaranya 50:50 supaya burung lebih cepat besar dan sehat”. Bahkan untuk kroto ini, Om Santoso tidak sembarang kroto namun kroto yang masih segar sebab Om Santoso mencarinya sendiri.

“Dengan kroto yang segar seperti ini, kesehatan burung menjadi sangat terjaga sehingga tidak gampang mati”, imbuhnya.

Dijemur setiap pagi
Teknik Om Santoso dalam menjemur anakan cendet ini tergolong unik. Beliau menjemur anakan cendet tersebut bersama susuh atau sarangnya. Hal ini menurutnya bertujuan supaya anakan cendet ini merasa lebih nyaman.

“Setiap kali menjemur anakan cendet, saya pasti jemur bersama sarangnya. Selain lebih praktis, hal ini juga dapat membuat anakan cendet merasa lebih nyaman. Saya tidak pernah mengangkatnya dari sarang, kecuali anakan cendet tersebut sudah bisa nangkring/terbang” imbuh Om Santoso.

Durasi penjemurannya pun tidak terlalu lama. Yang penting anakan cendet terpapar sinar matahari pagi, beberapa saat kemudian anakan burung langsung bisa diangkat. Sebab jika terlalu lama, juga kurang baik pada kesehatan anakan cendet.



Jika anda ingin mencari anakan cendet atau bahan lapangan, bisa mengubungi Om Santoso langsung. Beliaun dapat dihubungi lewat FB, BBM, atau no HP berikut.
 
FB          : Santoso Doank

Pin BBM: 5B0C6FA
No HP   : 087805591938/085607046629

Cara Merawat Anakan Burung Cendet Ala Om Santoso Sumenep Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment