Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, October 25, 2016

Cendet Anda Nyepah Jangkrik Utuh? Mungkin Ia Mengalami Masalah Ini

Tipsburung.com - Nyepah pada burung cendet adalah hal biasa. Justru kalau ada burung cendet yang tidak nyepah perlu dipertanyakan, pakan apa yang telah diberikan dan seperti apa kondisi burung cendet tersebut.


Sepahan cendet berbentuk bulat atau lonjong. Ia merupakan ampas dari hasil sisa dari pencernaan burung dari pakan utamanya berupa voer. Karenanya, sepahan ini berwarna sesuai dengan voer yang dimakannya.

Jika voer yang dimakan cendet berwarna cokelat, maka sepahan yang keluar dari paruh burung berwarna cokelat. Begitu juga jika voer berwarna hijau, maka sepahan juga akan berwarna hijau.

Lalu bagaimana jika sepahan yang keluar berupa jangkrik utuh? Meski jarang terjadi, namun cendet nyepah dalam bentuk jangkrik yang masih utuh, kerap kali terjadi.

Hal ini biasanya disebabkan karena kondisi cendet yang kurang fit, baik dari segi fisik maupun non-fisik. Cendet stres akibat masalah tertentu atau kurang kondisi, bisa menyebabkan cendet nyepah jangkrik.

Bisa saja burung cendet mengalami kurang enak badan, flu, demam atau ganguan lainnya namun semua ini tidak disadari oleh sang empunya.

Kondisi ini juga sangat berkaitan dengan kesehatan pencernaan burung. Karenanya, burung cendet yang mengalami gangguan pencernaan, juga sering kali mengalami nyepah jangkrik utuh.

Sebenarnya bukan hanya jangkrik, jenis EF apapun yang dimakan burung cendet yang mengalami masalah seperti ini seperti kroto atau ulat hongkong, juga bisa dikeluarkan lagi dengan utuh.

Sekalipun cendet makan voer, namun tetap saja yang keluar sebagai sepah adalah jangkrik. Jika tidak segera ditangani dengan baik, hal ini biasanya akan berlangsung lama.

Untuk mengatasi cendet dengan masalah seperti ini, anda bisa memberikan obat-obatan yang sudah banyak dipasaran. Pilih obat-obatan yang mempunyai indikasi membuat burung fit.

Namun jika anda ingin melakukan pengobatan secara tradisional, anda bisa memberikan jahe dan kunyit serta (daun) ginseng pada burung. Semua bahan-bahan ini diparut untuk diambil sarinya lalu diberikan pada burung cendet sebagai pengganti air minumnya.

Jika anda ingin lebih praktis, anda cukup memberikan jahe, kunyit, dan (daun) ginseng tersebut pada jangkrik sebagai pakannya. Sebelum diberikan, belah atau potong kecil-kecil semua bahan di atas lalu berikan pada jangkrik.

Saat anda memberikannya pada burung, setidaknya 1 hari sebelumnya, jangkrik sudah diberikan makan bahan di atas. Hal ini bertujuan supaya bahan-bahan di atas lebih meresap ke dalam tubuh jangkrik.

Demikian, semoga bermanfaat…!!!

Cendet Anda Nyepah Jangkrik Utuh? Mungkin Ia Mengalami Masalah Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment