Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, October 31, 2016

Madu Murni, Membuat Burung Bekerja Lebih Dahsyat di Lapangan

Tipsburung.com - Bagus dan tidaknya performa burung saat lomba sangat ditentukan oleh asupan yang anda berikan. Karenanya, tanpa asupan yang baik, burung akan mustahil akan mempunyai performa yang bagus dan bisa stabil maksimal meskipun turun di beberapa kelas. Sebab, asupan adalah sumber utama di mana burung untuk mendapatkan energi dan stamina.


Tidak bisa dipungkiri, saat ini sudah banyak obat-obatan atau multivitamin beredar di pasaran yang memang diracik khusus untuk membuat burung meningkatkan performa burung dengan cara mendongkrak staminanya. Banyak kalangan yang menggunakan obat-obatan tersebut dan hasilnya ternyata memang bagus.

Namun begitu, hampir semua obat-obatan yang ada, biasanya bersifat doping. Karenanya, hal ini sangat berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang.

Akibat yang paling nyata dari penggunaan obat tersebut adalah terjadinya penurunan performa pada burung yang terjadi dari hari ke hari sekalipun tetap dicekoki obat tersebut.

Untuk itu, daripada anda memakai obat-obatan kurang teruji keamanannya, lebih baik anda memberikan asupan yang bagus pada burung. Asupan yang baik meliputi beberapa hal, mulai dari kualitas voer hingga pakan jangkrik yang akan diberikan pada burung.

Selain itu, anda dapat memberikan madu pada burung, utamanya saat satu hari menjelang lomba. Sejauh ini madu dikenal sebagai jamu pada burung yang meningkatkan stamina dan performa burung. Bahkan dengan pemebrian madu, burung akan bekerja lebih gila di lapangan.

Hal ini tentu saja tidak salah mengingat kandungan madu yang memang begitu kaya akan nutrisi. Bahkan madu sendiri sudah sejak zaman nenek moyang kita sudah dikenal sebagai obat multi-fungsi, yang salah satunya untuk memulihkan dan menjaga stamina.

Adapun cara pemakaiannya adalah di mana jika burung anda hendak diturunkan pada hari minggu, maka hari sabtu anda harus memberikan madu tersebut pada burung. Caranya adalah di mana madu disuntikkan atau dioleskan pada jangkrik terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung.

Jika anda tidak sempat atau lupa, madu masih bisa anda diberikan. Pemberiannya adalah pada hari H, saat pagi hari. Jika burung hendak turun di hari minggu, maka hari minggu pagi anda sudah harus memberikannya.

Lebih dari jam tersebut, pemberian madu sudah tidak disarankan karena untuk mendapatkan khasiatnya, tentu saja madu tersebut perlu dicerna oleh pencernaan burung. Hal ini tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Tidak perlu terlalu banyak, cukup satu ekor jangkrik saja yang anda suntikkan atau oleskan madu. Sebab jika terlalu banyak, dikhawatirkan birahi burung anda tidak terkendali sehingga terjadi over birahi.

Namun begitu, burung dimaksud di sini adalah burung pemakan serangga. Beberapa burung tersebut misalnya murai batu, kacer, cucak ijo, cendet, dan lain sebagainya.

Pun madu dimaksud bukanlah madu oplosan atau madu yang sudah mengalami berbagai campuran. Madu yang mempunyai khasiat tersebut adalah madu murni yang berasal dari lebah dan belum tersentuh oleh campuran apapun.

Madu Murni, Membuat Burung Bekerja Lebih Dahsyat di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment