Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, October 7, 2016

Manfaat Buah Belimbing untuk Burung Kicauan

Tipsburung.com - Buah belimbing merupakan buah yang dihasilkan dari tanaman belimbing. Pohon ini berasal dari Malaysia dan sudah menyebar ke berbagai Negara teropis. Buah belimbing ketika matang berwarna kuning dengan rasa manis segar dan mengandung air yang banyak.

Buah belimbing merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Dalam setiap 100 gram buah belimbing, mengandung 34,7 mg vitamin C. Karenanya, buah ini bisa meningkatkan sistem imum dan menangkal serangan berbagai macam mikroorganisme dalam tubuh.



Selain vitamin C, buah belimbing juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan vitamin B kompleks seperti folat, niacin, piridoksin, riboflavin, dan tiamin. Buah ini juga kaya akan mineral seperti fosfor, seng, besi, magnesium, kalsium, serta potasium.

Untuk kalori, buah belimbing hanya mengandung 31 kalori dalam setiap 100 gramnya. Jumlah ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan buah-buahan tropis lainnya.

Selain itu, buah belimbing juga kaya akan antioksidan karena bisa mengandung polifenol flavanoid. Jenis-jenis flavanoid seperti quercetin, epikatekin, dan asam galat.

Dari penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa buah belimbing adalah buah yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, mineral, vitamin, dan bahkan antioksidan. Karenanya, buah ini selain terasa segar, juga sangat menyehatkan.

Buah belimbing ini tidak hanya baik dikonsumsi manusia namun juga sangat penting diberikan pada burung, khususnya burung pemakan buah seperti cucak ijo. Selain itu, beberapa burung pemakan serangga seperti ciblek, cendet, kacer, dan lain-lain, juga sangat penting diberikan buah ini.

Berdasarkan pengalaman para pemain dan penghobi burung, buah belimbing dipercaya bisa meningkatkan stamina dan kegacoran burung. Bahkan buah ini pula diyakini dapat membuat suara burung menjadi lebih kristal.

Adapun cara pemberian buah blimbing ini sangat bergantung pada kebiasaan burung. Pada burung cucak ijo, anda bisa langsung memberikannya sebagai pengganti buah papaya atau pisang. Sedangkan untuk burung-burung pemakan serangga, buah belimbing bisa dijus terlebih dahulu lalu diberikan pada burung sebagai pengganti air minum.

Setelah dijus, saring buah belimbing ini untuk diambil air dan sarinya. Ampas buah belimbing ini sebaiknya tidak disertakan dan karenanya sangat disarankan untuk langsung dibuang. Alat saring bisa menggunakan kain atau alat saring yang sudah banyak beredar di pasaran.

Selain dijus, sari buah belimbing ini bisa anda dapatkan dengan cara diperas lalu disaring. Namun untuk mendapatkan sari buah belimbing dengan cara ini, buah belimbing harus benar-benar matang.

Sebelum anda memberikannya pada burung, pilihlah buah belimbing yang sudah matang dan masih segar. Selanjutnya, buah belimbing dicuci terlebih dahulu dengan air sampai bersih. Hal ini dikhawatirkan terdapat bahan-bahan kimia yang sangat membahayakan kesehatan burung pada kulit belimbing.

Pemberian buah belimbing pada burung berkicau tentu saja tidak harus diberikan setiap hari. Buah ini paling sedikitnya diberikan satu kali dalam setiap minggunya.

Manfaat Buah Belimbing untuk Burung Kicauan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment