Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, October 8, 2016

Teknik Jitu Mengatasi Cendet Kurang Fighter Supaya Bisa Jalan di Lapangan

Tipsburung.com - Pernahkah anda mempunyai cendet yang kurang fighter? Burung seperti ini biasanya hanya akan ngoceh jika melihat orang baru atau saat dikudang. Saat sendirian, burung ini juga sangat gacor dan segala materi dikelurkan semua. Namun begitu, ketika dipertemukan dengan musuh alias burung sejenis, biasanya akan diam.


Meskipun burung cendet adalah burung fighter, namun dalam banyak kasus, ada juga beberapa ekor cendet yang tidak fighter. Burung hanya fighter terhadap manusia dan tidak pada burung sejenis. Karenanya, burung hanya akan gacor dan fighter ketika melihat orang saja.

Meskipun jarang, cendet tipe seperti ini sering kali kita temukan. Dan cendet seperti ini tidak akan pernah bisa tampil dengan baik di lapangan. Pasalnya, burung cendet ini tidak fighter yang memadai. Kemungkinan burung hanya ngoceh karena melihat banyak orang berjejer di samping lapangan dan bukan karena ada musuh alias cendet lain yang di samping kanan dan kirinya di gantangan.

Sebenarnya, ada hal yang perlu anda coba jika anda hendak mencoba memoles cendet seperti ini. Caranya adalah anda perlu mengasingkan burung cendet yang tidak fighter ini dari cendet lain sehingga tidak mendengar suara cendet lain meskipun hanya sayup-sayup.

Selama masa karantina seperti ini, setelah dijemur atau mandi, burung bisa diful kerodong. Sebab pengerodongan juga bermanfaat untuk menaikkan fighter cendet. Selain itu, penuhi kebutuhan gizi burung supaya bisa mempunyai tingkat birahi yang stabil.

Perawatan yang konsisten tentu saja menjadi modal utama untuk menumbuhkan figter cendet ini. Karenanya, penjemuran, mandi, dan takaran EF harus benar-benar diperhatikan.

Lalu sampai berapa lama masa karantina dilakukan? Setidaknya, anda harus mengasingkan cendet tidak fighter ini hingga 3 bulan lebih. Setelah masuk bulan ketiga ini, anda bisa perhatikan kondisi burung apakah sudah menunjukkan perubahan dan siap untuk turun lapangan atau belum. Jika belum, tunggu hingga bulan keempat atau bahkan kelima.

Setelah anda melihat kondisi burung sudah siap lapangan, anda bisa mencoba menurunkannya ke arena latberan untuk mengetes mental cendet tersebut. Biasanya, burung cendet sudah bisa menunjukkan perubahan yang signifikan.

Jika burung cendet belum menunjukkan perubahan yang berarti, anda perlu mencoba mengasingkan burung cendet ini lebih lama. Tunggulah hingga beberapa bulan lagi sampai fighter cendet keluar.

Teknik Jitu Mengatasi Cendet Kurang Fighter Supaya Bisa Jalan di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment