Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, October 14, 2016

2 Terapi Fisik untuk Membuat Burung Love Bird Ngekak Panjang

Tipsburung.com - Hingga saat ini, burung love bird masih menjadi kelas yang paling membludak dari segi peserta. Banyak pemain burung yang juga banyak yang ikutan meramaikan kelas ini sehingga banyaknya peserta kelas love bird sering kali mengalahkan kelas lainnya. Bahkan dalam beberapa event, kelas love bird dibuka hingga beberapa sesi.

Gambar: Youtube.com (Bambang Purwanto)

Untuk menjadi burung bagus dan bisa diikutkan latber atau bahkan event, seekor love bird harus mempunyai durasi ngekek yang panjang. Kerecehan atau kerajinan burung saat lomba masih kalah dengan burung-burung yang mempunyai durasi kekek yang panjang.

Tidak semua burung love bird mempunyai kekek yang panjang. Bahkan dalam kasus-kasus tertentu, burung love bird yang semula ngekek panjang namun karena satu dan lain hal kadang kala kekeknya menjadi pendek.

Untuk itu, diperlukan dua terapi untuk membuat burung love bird bisa ngekek panjang atau mengembalikan performanya supaya kembali ngekek panjang. Dan kedua terapi dimaksud ialah sebagai berikut.

Rajin diumbar
Terapi pertama yang harus anda lakukan untuk membuat burung love bird ngekek panjang atau supaya kembali ngekek panjang adalah dengan cara rutin mengumbar. Tidak perlu setiap hari, dua hari atau tiga hari sekali asal dilakukan dengan konsisten sudah lebih dari cukup.

Namun begitu, untuk mendapatkna hasil yang lebih maksimal, pengumbaran harus dilakukan serajin mungkin. Hal ini kemudian bisa dikurangi jika burung love bird sudah mulai ada perkembangan yang cukup signifikan.

Selain bisa mempunyai suara panjang dan ngekek panjang, pengumbaran pada burung love bird juga bisa membuat burung menjadi lebih sehat. Bahkan pengumbaran yang dilakukan dengan rutin juga bisa membuat burung lebih langsing dan lincah.

Pengumbaran harus dilakukan di tempat yang tenang dan aman supaya burung tidak mudah kanget yang bisa membahayakan mental burung. Jauhkan dari jangkauan anak-anak atau binatang buas seperti kucing, tikus, dan lain sebagainya.

Terapi berenang
Kasihan. Mungkin itu yang terbersit di benak anda sebab kami pun berpikir demikian. Namun begitu, mengingat manfaat yang begitu besar untuk prospek di kemudian hari, terapi berenang pun harus dilakukan. Sebab, terapi ini bisa membuat burung love bird mempunyai suara panjang dan ngekek panjang.

Sebelum anda melakukan terapi berenang untuk burung love bird, pastikan burung anda dalam kondisi sehat, baik dari segi fisik maupun mental. Selain itu, pastikan pula cuaca sedang cerah sehingga burung tidak mungkin kedinginan.

Setelah anda mendapatkan kepastian seperti itu, barulah anda bisa melakukan terapi renang. Caranya, burung love bird harus dimandikan terlebih dahulu dengan cara disemprot sampai basah. Setelah itu, burung love bird bisa langsung dimasukkan ke dalam bak yang sudah diisi air sebelumnya.

Saat anda meletakkan burung love bird ke dalam bak, burung jangan langsung dilepas. Tujuannya, selain dikhawatirkan lepas jika bulunya belum lepek, juga supaya burung tidak kaget karena burung berenang baru pertama kalinya. Jika sampai burung love bird minum air dan bahkan tenggelam, sangat berisiko untuk kesehatan dan mental burung love bird.

Karenanya, letakkan salah satu tangan anda di bawah kaki burung love bird. Sedangkan tangan yang satunya memegang badan burung love bird.

Setelah burung dirasa sudah bisa berenang sendiri, segera lepaskan kedua tangan anda. Selanjutnya, biarkan burung love bird berenang selama kurang lebih 10 menit.

Terapi ini bisa anda lakukan setiap hari. Pada hari pertama, terapi bisa dilakukan hanya satu atau dua menit. Namun setelah burung love bird anda sudah terbiasa, durasi mandi berenang bisa ditingkatkan hingga 10 menit.

2 Terapi Fisik untuk Membuat Burung Love Bird Ngekak Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment