Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, November 29, 2016

4 Cara Supaya Bulu Pentet Cepat Lepas

Tipsburung.com - Banyak kasus di mana burung cendet tidak kunjung menjatuhkan bulu-bulunya alias mabung, padahal jika diperhatikan sudah kusam. Hal ini menandakan bahwa bulu tersebut sudah tua alias segera jatuh dan digantikan dengan bulu baru.



Ada banyak kasus yang menyebabkan bulu burung cendet tidak kunjung jatuh seperti ini. Salah satu yang paling sering adalah penjemuran yang terlalu ekstrem dan pemberian EF yang terlalu banyak dalam rawatan hariannya.

Lalu bagaimana cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Jika dibuiarkan saja, jatuhnya bulu burung cendet ini akan memakan waktu yang lama. Apalagi jika anda tetap merawatnya seperti biasa, bisa saja membutuhkan waktu yang lebih lama lagi.

Karenanya, di bawah ini akan dijelaskan dua metode yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kasus burung yang tidak kunjung mabung ini.

Jemur dalam kerodong 

Jemur dalam kerodong atau yang lebih populer dengan sebutan mandi sauna, adalah salah satu cara terbaik yang dapat anda lakukan. Sebab, mandi sauna, apalagi dilakukan setiap hari, bisa membuka pori-pori bulu burung sehingga lebih cepat ambrol.

Mandi sauna ini harus dilakukan saat menjelang siang di mana kondisi matahari dalam kondisi paling terik. Hal ini membantuk memaksimalkan manfaat yang akan anda peroleh dari mandi sauna ini.

Saat melakukan mandi sauna, usahakan burung jangan sampai ditinggal. Sebab dikhawatirkan anda lupa sehingga berujung kematian pada burung. Kasus seperti ini sering kali terjadi sehingga anda bulu burung rontok namun malah mati.

Berikan ulat lebih sering 

Ulat seperti ulat hongkong dan ulat kandang adalah dua jenis EF yang sangat dianjurkan diberikan pada burung cendet anda yang susah menjatuhkan bulu. Sebab kedua EF ini bersifat panas sehingga bulu burung menjadi lebih cepat rontok.

Namun begitu, untuk ulat hongkong sebaiknya jangan terlalu sering apalagi dalam jumlah banyak. Sebab, ulat hongkong sering kali mempunyai efek samping yang bisa merusak mata.

Full kerodong 

Selain melakukan kedua hal di atas, anda sangat disarankan untuk selalu mengondisikan burung cendet dalam posisi full kerodong. Tidak hanya itu, kotoran burung juga sebaiknya jangan sering dibuang. Kombinasi keduanya ini memberikan efek panas pada burung sehingga burung akan lebih cepat mabung.

Kurangi frekuensi mandi
Mandi pada burung sering kali membuat mabung menjadi macet. Begitu juga pada kasus bulu burung cendet yang sudah tua, mandi bisa menunda mabung. Sebab, dengan mandi, bulu burung menjadi segar kembali sehingga akan menjadi susah untuk mengalami rontok.

Kareananya, saat burung cendet anda susah menjatuhkan bulu, sebaiknya burung tidak dimandikan selama beberapa waktu. Mandi boleh dilakukan jika burung menunjukkan kebutuhan yang sangat terhadap air, misalnya buurng kurang sehat.

Itulah keempat hal yang dapat anda lakukan untuk mengatasi buurng cendet yang sudah menjatuhkan bulu atau mabung. Dengan kombinasi ketiga perawatan ini, sangat dimungkinkan burung cendet anda akan segera mabung.

4 Cara Supaya Bulu Pentet Cepat Lepas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment