Blog Burung | Tutorial Burung

Thursday, November 24, 2016

Cara Jitu Mengatasi Kacer Macet Bunyi

Tipsburung.com - Banyak hal yang menyebabkan kacer macet bunyi. Bisa karena perawatan yang salah atau berubah, pindah sangkar, adaptasi lingkungan, pergantian jenis voer, dan perubahan peletakan aksesoris sangkar.


Masalah yang lebih ekstrem lagi, kacer macet juga bisa disebabkan karena adanya gangguan atau serangan hewan buas. Perlakuan pemilik atau perawat yang kasar dan sangkar terjatuh juga sering menjadi alasan kacer macet bunyi.

Jika tidak segera diatasi dengan baik, seekor kacer yang macet akan memakan waktu lama untuk bisa kembali berbunyi. Karenanya, di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan sebagai solusi terhadap kondisi kacer anda yang macet tersebut.

Full kerodong
Kacer yang sedang macet ini harus difull kerodong terlebih dahulu selama beberapa waktu. Ini membantu memulihkan kondisi psikologis dan juga merangsang kacer untuk segera berbunyi kembali.

Selama full kerodong, sewaktu-waktu anda juga perlu membuka dan mengangin-anginkannya. Bahkan jika perlu, jemur burung di bawah paparan sinar matahari pagi sebelum jam 9 pagi.

Tempatkan di ruangan tenang
Penempatan kacer di tempat yang tenang merupakan sebuah keharusan bagi anda. Sebab, tempat ini bisa memberikan ketenangan juga pada burung.

Karenanya, pilih ruangan yang paling nyaman, tenang, dan aman. Selain itu, pilih pula ruangan dengan sirkulasi udara yang baik untuk membentu mempercepat pemulihan kondisi kacer.

Embunkan setiap pagi
Embunkan burung kacer setiap pagi. Dan kalau perlu, tempatkan burung kacer di lokasi di mana burung bisa melihat matahari terbit secara langsung. Hal ini bisa memberikan sensasi dan stimulus tersendiri terhadap psikologis burung kacer.

Berikan EF dengan rutin
Pemberian EF harus diatur sedemikian rupa, mulai dari masalah jumlah hingga waktu pemberian. Namun jika burung dalam kondisi macet, porsi EF sebaiknya ditingkatkan hingga dua kali lipat.

Untuk kroto, sangat disarankan untuk diberikan lebih sering, misalnya dua sampai tiga hari sekali dengan porsi banyak. Sebab kroto ini banyak mengandung protein yang dapat menaikkan hasrat burung untuk berkicau kembali.

Putarkan suara air mengalir
Suara air mengalir sangat ampuh dalam merangsang burung suapaya bisa berbunyi kembali. Dan waktu yang disarankan untuk memperdengarkannya adalah pada saat malam hari, saat burung istirahat.

Opsi ini dapat anda tinggalkan jika ruangan kacer anda dekat dengan kamar mandi atau aquarium. Sebab, keduanya mempunyai manfaat yang tidak jauh berbeda asalkan air yang mengalir sama-sama menimbulkan suara gemericik.

Saat burung kacer mendengarkan suara air mengalir, biasanya secara otomatis langsung merespon. Namun jika kacer anda benar-benar masih loyo, hal ini tidak akan terjadi.

Pancing dengan suara kacer
Jika burung kacer anda sudah menunjukkan perkembangan, cobalah pancing burung anda dengan suara kacer, bisa hasil rekaman burung itu sendiri atau suara kacer lain.

Jika burung kacer anda sudah mengalami perkembangan, biasanya akan langsung merespon dengan suara yang ngeplong. Ini menunjukkan bahwa mental kacer anda sudah mulai terkondisikan.

Coba trek dengan kacer lain
Saat burung kacer sudah menunjukkan perubahan yang signifikan, cobalah pertemukan atau ditrek dengan kacer lain yang bermental lebih jelek sebagai untulan. Namun pastikan, kacer lain tersebut benar-benar tidak sedang gacor dan kalah secara mental.

Kacer untulan ini akan merangsang burung kacer anda untuk segera berbunyi dengan sempurna seperti sebelum-sebelumnya. Tidak hanya itu, kacer untulan ini juga bisa membangkitkan mental kacer anda dengan signifikan, apalagi jika kacer untulan tersebut sampai kalah.

Setelah kacer anda kembali berbunyi dengan rajin, setelan bisa dikembalikan ke setingan awal. Namun hal ini harus dilakukan secara bertahap supaya burung tidak merasa kaget dengan perubahan perawatan yang dialaminya.

Cara Jitu Mengatasi Kacer Macet Bunyi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment