Blog Burung | Tutorial Burung

Wednesday, November 30, 2016

Cara Mencabut Bulu Ekor Cendet Biar Tidak Kesakitan

Tipsburung.com - Bulu ekor cendet sering kali rusak dan ini sangat mengganggu pemandangan. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beragam hal, namun yang paling sering adalah tingkah burung yang over aktif.


Kondisi ekor burung yang seperti ini, sebaiknya dicabut saja supaya bisa rapi kembali. Sebab, ketika dicabut, asalkan usia burung tidak mendekati masa mabung , ekor burung, biasanya akan cepat tumbuh. Tumbuhnya pun bersamaan sehingga ekor baru ini benar-benar tumbuh dengan sempurna.

Alasan lain dicabutnya bulu ekor burung cendet adalah masalah mabung yang tidak tuntas. Sebab sebagaimana diketahui bersama, salah satu bulu besar pada burung cendet yang sering susah jatuh ketika mabung adalah bagian bulu ekor.

Mencabut bulu ekor cendet seperti ini sebaiknya dijadikan alasan terakhir. Sebab, jika bulu ekor tersebut masih bisa jatuh sendiri, hasilnya tetap akan lebih bagus copot sendiri.

Nah, saat mencopot bulu ekor cendet pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, dikhawatirkan burung cendet mengalami stres dan trauma berat. Akibat terburuknya, burung bisa menjadi giras, takut terhadap anda, bahkan macet bunyi.

Karenanya, mencabut bulu ekor cendet tidak boleh dilakukan sembarangan. Sebab, ekor yang dicaut secara paksa pasti tidak hanya membuat burung menjadi kaget namun juga kesakitan.

Untuk itu, carilah cara terbaik supaya ketika bulu ekor cendet dicabut, rasa sakit dan kaget tidak terlalu terasa oleh burung.

Cara paling aman yang bisa anda lakukan ialah dengan cukup mandikan burung cendet yang hendak dicabut ekornya terlebih dahulu. Mandikan burung sampai lepek sehingga burung merasa sangat puas.

Setelah itu, pancing burung cendet dengan jangkrik untuk mendekati jeruji sangkar. Nah, ketika burung sudah ngering alias mencengkram sangkat, cabut ekor yang menyembul keluar satu persatu. Lakukan hal ini sampai bulu ekor habis.

Ingat, dalam mencabut bulu ekor, diusahakan jangan sampai dobel karena hal ini bisa menambah rasa sakit yang dialami oleh burung. Karenanya, pastikan anda mencabutnya satu persatu dalam sekali cabut.

Nah, setelah semua bulu ekor habis dicabut, burung cendet disarankan untuk dimandikan lagi. Usahakan semprotan diarahkan ke bagian pantat langsung di mana pangkal ekor tumbuh. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir trauma dan rasa sakit yang dialami oleh burung cendet.

Saat anda memandikan burung, sangat disarankan untuk menggunakan air es. Namun jika anda menggunakan air ini, semprotan bisa diarahkan langsung ke tubuh cendet bagian belakang.

Air es di sini berfungsi untuk mengurangi efek sakit yang ditimbulkan akibat bulu yang dicopot secara paksa.

Demikian cara terbaik yang dapat anda gunakan untuk mencabut ekor bulu burung cendet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…!!!

Cara Mencabut Bulu Ekor Cendet Biar Tidak Kesakitan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment