Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, November 21, 2016

Manfaat Ulat Bambu untuk Burung Berkicau

Tipsburung.com - Sebagai salah satu jenis EF alternatif, ulat bambu tidak sepopuler kroto dan ulat hongkong. Namun begitu, ulat bambu tetap saja banyak dicari karena sering kali dibutuh karena manfaatnya yang bagus pada burung berikcau.

Sebagai salah satu jenis EF, ulat bambu mempunyai manfaat yang sama sekali berbeda dengan EF lainnya. Jika pada umumnya EF diberikan untuk meningkatkan birahi burung karena pada hakikatnya EF tingggi protein, hal ini berbeda dengan ulat bambu.


(sumber: mediaronggolawe.com)

Ulat bambu adalah EF yang rendah protein namun kandungan nutrisi dan vitaminnya sangat lengkap. Karenanya, burung yang diberikan ulat bambu menjadi lebih sehat.

Ulat bambu tidak bisa menaikkan birahi burung, melainkan menurunkannya. Karenanya, ulat ini lebih banyak dicari untuk diberikan pada burung-burung yang mengalami over birahi (OB).

Sebagai EF alternatif, ulat bambu tidak boleh diberikan dalam jumlah banyak, apalagi dengan takaran yang berlebihan. Ulat bambu adalah EF yang hanya boleh diberikan saat burung OB. Setelah itu, pemberian ulat bambu harus dihentikan.

Pemberian ulat bambu jangka lama juga sangat tidak baik karena sering kali menimbulkan efek samping. Efek nyata dari efek samping tersebut adalah di mana burung sering kali kesulitan untuk berak.

Meskipun ulat bambu sangat efektif dalam mengatasi burung yang mengalami over birahi, namun perawatan yang baik pada burung OB juga sangat menentukan keberhasilan anda dalam mengatasi burung yang over birahi.

Karenanya, selama anda memberikan terapi atau memberikan ulat bambu ini, sangat disarankan untuk lebih sering memandikan burung anda yang mengalami over birahi.

Mengurangi durasi penjemuran dan memangkas jumlah EF harian juga penting dan sangat disarankan. Sebab semua itu bisa meningkatkan keberhasilan anda dalam upaya menurunkan birahi burung.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih makasimal, jangan lupa untuk melakukan pengembunan secara rutin setiap pagi. Sebab ini sangat membantu dalam menormalkan birahi burung.

Manfaat Ulat Bambu untuk Burung Berkicau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

2 komentar:

Nang Ilham said...

Selamat siang...
Saya memberikan ulat bambu 1 ekor satu hari, apakah ini juga berpengaruh pada beraknya ?
Thanks...

leo sayoga said...

tentu pengaruh om. kalau kebanyakan atau terlalu sering kadang bsa sulit BAB om. tp kalo cuma satu, saya kira mash normal alias ga akan memberikan pengaruh apapun

Post a Comment