Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, November 28, 2016

Mengenal Penyebab dan Solusi Cendet Ngeruji di Lapangan

Tipsburung.com - Untuk menampilkan burung cendet, bukan persoalan yang mudah. Cendet adalah burung yang mempunyai perilaku atraktif. Bahkan cendet juga termasuk burung dengan birahi sangat sensitif. Dan karenanya diperlukan kesabaran dan ketelatenan dalam menampilkan burung predator ini.

Salah satu problem yang sering terjadi pada burung cendet saat di lapangan adalah burung ngeruji. Dalam hal ini, burung menabrak-nabrak jeruji sambil mengejar musuh atau juri yang ada di sekitarnya.


penjemuran burung ngeruji harus dikurangi 

Hal ini tentu saja akan mengurangi poin penilaian. Bahkan jika sampai ngeruji dengan durasi cukup lama dan terjadi berkali-kali, burung tersebut bisa tidak mendapatkan poin sama sekali.

Lalu apa sebenarnya penyebab burung cendet ngeruji? Hal ini tidak lain dan tidak bukan karena burung mengalami birahi yang terlalu tinggi. Dalam hal ini, kemungkinan besar burung kebanyakan EF atau memakan EF yang tidak cocok.

EF tidak cocok dimaksud di sini ialah di mana burung cendet mungkin tidak kuat jika diberikan asupan kroto atau ulat hongkong karena birahinya mudah naik. Sementara anda bereksperimen memberikan kroto atau ulat hongkong ini dengan alasan-alasan tertentu. Akibatnya, burung cendet tidak bisa tenang saat dikonteskan.

Untuk mengatasi masalah ini, anda harus menurunkan tingkat birahi buurng anda hingga kembali stabil dengan beberapa cara sebagai berikut.

Kurangi takaran EF 

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengurangi takaran atau jumlah EF. Anda bisa mengotak-atik sendiri bagaimana cara mendapatkan setelan EF yang pas sehingga burung tidak nabrak lagi.

Hentikan pemberian EF yang tidak cocok 

Kroto dan ulat hongkong sering kali tidak cocok dengan burung cendet. Hal ini disebabkan karena kedua jenis EF ini mengandung protein yang sangat tinggi sehingga sering kali membuat burung over birahi. Hal ini semakin berisiko pada burung cendet yang mempunyai sensitivitas cukup tinggi.

Main setengah basah 

Anda juga bisa menyeting burung cendet anda untuk main basah atau setengah basah. Maksudnya, sebelum burung cendet anda digantang, dua atau tiga sesi sebelumnya dimandikan terlebih dahulu sehingga ketika sesi burung cendet naik, burung dalam kondisi lembab.

Hal ini sangat mujarab dalam membantu meredam emosi dan birahi burung cendet anda sehingga bisa gerak burung anda tidak sebrutal sebelumnya.

Kurangi penjemuran 

Dalam rawatan harian, sebisa mungkin anda mengurangi durasi dan frekuensi mandi. Hal ini bertujuan untuk mengurangi birahi burung, utamanya saat digantang di lapangan.

Tambah frekuensi mandi atau mandikan dengan puas

Untuk mengurangi birahi cendet, anda juga bisa menambah durasi dan frekuensi mandi. Jika misalnya anda hanya memandikan burung ini dua hari sekali, maka anda bisa menambahnya menjadi setiap hari.

Selain itu, anda juga bisa memandikan burung sampai puas. Puas di sini maksudnya ialah di mana burung mandi hingga didis. Nah, selama burung didis, anda tetap harus menyemprot burung hingga didis selesai dan burung tidak mau lagi.

Tempatkan di ruangan yang dingin 

Dalam kesehariannya, burung cendet yang sering ngeruji bisa ditempatkan di ruangan yang dingin. Dingin di sini maksudnya adalah ruangan yang memiliki tingkat suhu stabil sehingga tidak panas. Bahkan jika mungkin, pilih ruangan yang sama sekali tidak tersentuh panas patahari.

Mengenal Penyebab dan Solusi Cendet Ngeruji di Lapangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment