Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, November 14, 2016

Mengenal Perbedaan Cendet Jawa Timur dan Jawa Barat

Tipsburung.com - Setiap daerah, burung cendet mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Karenanya, pembahasan dalam artikel ini bukan sebuah jastifikasi bahwa cendet daerah tertentu mempunyai kualitas yang lebih baik dari daerah lain.

Karenanya, pembahasan dalam artikel ini hanya sebagai sebuah uraian untuk mengenal lebih dekat supaya kita bisa membedakan antara cendet Jawa Timur dan Jawa Barat.


Sampel gambar cendet Jawa Barat

Jika dilihat sepintas, antara cendet Jawa Timur dan Jawa Barat tentu saja tidak ada perbedaan yang jelas. Namun jika anda sebagai penghobi cendet, perbedaan antara kedua wilayah ini mempunyai perbedaan yang sangat mencolok.

Beberapa perbedaan cendet antara kedua wilayah ini bisa diamati secara kasat mata. Adapun beberapa perbedaan dimaksud ialah sebagai berikut.

Warna dada
Cendet Jawa Timur adalah cendet yang identik dengan warna dada putih kusam yang dihiasi dengan warna cokelat pada samping kanan dan kirinya. Warna cokelat ini sangat tebal, bahkan ada yang sampai tembus ke bagian bokong burung.

Adapun cendet Jawa Barat, warna cokelat pada samping kanan dan kiri dada lebih tebal lagi. Warna cokelat ini lebih pekat, hampir menyerupai warna cokelat pada pakaian pramuka. Sedangkan putih pada belahan dada, lebih kusam lagi.

Postur atau bodiPostur cendet Jawa Timur terhitung langsing, lebih kecil, dan proporsional. Apalagi jika mendapatkan perawatan yang baik, terutama soal penjemuran, cendet Jawa Timur akan terlihat sangat seksi karena badan lebih langsing dan kecil.


Sampel cendet Jawa Timur (Gambar milik om Gunawan Santoso)

Sedangkan untuk cendet Jawa Barat, badan biasanya lebih bongsor (meskipun dalam beberapa kasus juga banyak ditemukan badan kecil). Jika dilihat sepintas, cendet ini tidak bisa langsing, namun jika mendapatkan perawatan yang bagus, tentu saja juga akan bisa langsing dan mengecil.

Warna kepalaUntuk cendet Jawa Timur, masih banyak ditemukan cendet dengan kepala blangkon. Bahkan cendet pantura seperti Tuban dan kawasan Gunung Bromo, mayoritas kepala cendet kedua daerah tersebut full blangkon. Selebihnya, biasanya peles (bulan sabit / zorro) atau sembur.

Begitu juga dengan cendet Jawa Barat, rata-rata kepala cendet daerah tersebut juga mayoritas peles dan sembur. Namun tidak menutup kemungkinan, juga ada beberapa cendet berkepala blangkon.

Mental dan pawer
Cendet Jawa Timur rata-rata mempunyai mental dan power yang bagus. Karenanya, tidaklah mengherankan jika banyak cendet Jawa Timur yang menjadi juara, baik skala regional maupun nasional. Cendet Jawa Timur biasanya sangat keras namun kebanyakan tidak kristal.

Sedangkan cendet Jawa Barat, meskipun rata-rata mental dan powernya di bawah kualitas cendet Jawa Timur, namun banyak kasus ditemukan di mana cendet Jawa Barat juga banyak yang menjadi jawara. Ini menunjukkan bahwa ada trah-trah tertentu dari indukan yang bisa melahirkan cendet-cendet bagus dan berbeda dengan lainnya.

Selain itu, perawatan sejak kecil (termasuk pemasteran dan latihan), juga sangat menentukan kulaitasnya di masa depan.

Itulah beberapa perbedaan antara cendet Jawa Timur dan Jawa Barat. Perbedaan ini tidak mesti benar 100% sebab cendet setiap daerah tidak mempunyai ciri yang spesifik sehingga mudah dibedakan satu sama lain. Karenanya, hal ini hanya gambaran secara garis besar saja.

Mengenal Perbedaan Cendet Jawa Timur dan Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment