Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, November 11, 2016

Mengetahui Penyebab dan Solusi Burung Takut Terhadap Majikannya

Tipsburung.com - Ada banyak kasus yang terjadi di mana burung tiba-tiba menjadi takut terhadap sang empunya atau perawatnya, namun tidak dengan orang lain. Hal ini tentu saja menimbulkan kegalauan tersendiri pada sang empunya. Selain burung tidak akan pernah gacor jika ada sang empunya, juga akan sulit untuk menentukan setelan sekalipun hanya setingan harian.


Secara garis besar, burung yang takut terhadap sang empunya, menimbulkan dua kerugian. Kerugian pertama, jika burung tersebut adalah burung rumahan, sang empunya akan sulit untuk bisa menikmati buyinya. Sebab umumnya burung seperti ini akan berhenti berbunyi jika ada sang empunya.

Jika burung tersebut burung lomba, burung akan sangat susah bisa tampil maksimal jika sang empunya yang menggantang atau berada di sekitar lapangan, kecuali mental fighternya sangat tinggi. Sebab, jika burung tersebut melihat sang empunya, biasanya konsentrasinya akan terganggu. Hal ini tentu saja akan mengganggu penampilannya di lapangan.

Burung takut pada sang empunya biasanya disebabkan karena sebuah trauma, baik yang disadari atau tidak oleh sang empunya. Sering kali, perasaan trauma burung muncul dari perlakuan kasar dari sang empunya. Ironisnya lagi, kadang kala justru lahir dari masalah-masalah sepele yang tidak disadarinya. Sebut saja misalnya trauma terhadap topi yang dipakai sang empunya atau lainya.

Setidaknya ada dua hal yang dapat anda lakukan jika anda mempunyai burung yang takut terhadap majikan. Kedua solusi dimaksud ialah sebagaimana berikut.

Asingkan
Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mengasingkan burung yang trauma tersebut. Diasingkan dimaksud di sini adalah di mana burung jangan sampai melihat anda selama beberapa waktu. Tujuannya adalah supaya burung tersebut lupa terhadap anda dan kejadian-kejadian yang membuatnya trauma.

Diasingkan di sini tidak cukup hanya dilakukan dengan cara memindahkan burung anda tersebut ke tempat lain yang masih dalam lingkaran rumah anda. Karenanya, pengasingan lebih dianjurkan di mana burung burung anda dikeluarkan dari rumah anda.

Anda bisa menitip burung anda tersebut ke rekan atau saudara anda yang satu hobi dengan anda. Pastikan, selama pengasingan ini burung tersebut tidak pernah melihat anda supaya burung segera melupakan anda dan kejadian yang menyebabkannya trauma.

Durasi pengasingan sangat bergantung pada seberapa parah trauma yang dialami burung anda. Dan biasanya, kurang lebih satu bulan, burung sudah bisa kembali normal. Karenanya, untuk memastikannya, cobalah lihat dan dekati burung anda setelah sampai waktu satu bulan. Jika burung anda menunjukkan perubahan, berarti anda sudah berhasil.

Full kerodong
Selama anda melakukan ini, jangan sampai burung anda yang trauma ini melihat anda. Karenanya, anda sangat disarankan jika hendak memberikan pakan atau mengganti air minum, jangan sampai anda membuka kerodong sampai terlihat wajah anda.

Caranya, buka kerodong sedikit saja, persis didepan pintu. Setelah itu, ganti pakan dan minum tanpa anda membuka kerodong lebih lebar lagi supaya burung tidak melihat muka anda.

Dengan begitu, burung anda lambat laun akan lulut sendiri dengan anda. Namun pastikan, anda harus konsisten melakukan terapi ini supaya membuahkan hasil yang lebih maksimal.

Mengetahui Penyebab dan Solusi Burung Takut Terhadap Majikannya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment