Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, January 17, 2017

5 Cara Membentuk Mental Love Bird Muda untuk Menjadi Calon Jawara

Tipsburung.com - Burung jawara tidak lahir begitu saja namun melalui proses yang sangat panjang sebagai prosesnya. Hal ini juga berlaku untuk burung love bird di mana untuk menjadi burung jawara, memerlukan proses yang juga panjang. Sebab banyak hal yang harus diasah dalam proses tersebut. 

Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah membentuk mental love bird muda supaya siap tarung di kemudian hari.


Mental pada burung love bird adalah bawaan, namun jika tidak diasah dengan baik, mental tersebut bisa menjadi tumpul. Karenanya, burung love bird harus mendapatkan latihan yang benar supaya mental tersebut dapat terasah dengan baik. Bahkan jika latihan yang anda berikan sangat jitu, burung-burung love bird yang bermental setengah tiang pun dapat dipoles menjadi love bird jawara.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membentuk mental burung love bird sebagaimana berikut.

1. Sering-sering dilatih
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk membentuk mental burung love bird ialah dengan sering melatih burung. Caranya, burung sering digandeng atau ditrek dengan burung love bird lain yang sudah mapan, baik dari umur maupun mental. Hal ini dapat mengasah  mental burung love bird bahan anda dengan sangat baik.

Tidak ada batasan seberapa sering anda harus memberikan latihan seperti ini pada burung love bird anda. Namun begitu, jangan sampai terlalu sering karena hal itu justru berpengaruh negatif pada mental burung love bird anda. Untuk itu, idealnya latihan yang bisa anda lakukan adalah setiap minggu saja.

2. Gantang di lokasi berbeda setiap hari
Selalu mengubah tempat cantolan dan lokasi jemur, membuat mental burung love bird muda semakin tangguh. Sebab, burung ini sudah terbiasa dengan situasi yang berbeda-beda setiap harinya. Karenaya, lakukan hal ini setiap hari. Bahkan jika perlu, sesekali taruh burung di dekat keramaian seperti dekat jalan raya dan pasar.

3. Kenalkan dengan gantangan sesering mungkin
Anda juga harus mengenalkan gantangan sedini mungkin pada burung love bird muda anda. Tidak perlu diikutkan kontes, cukup cantolkan burung di dekat lapangan. Ini sangat penting dilakukan untuk membiasakan burung muda anda supaya lebih siap jika nanti turun ke lapangan.

Bahkan jika bisa, saat sesi burung love bird dimulai, jarak burung love bird anda bisa didekatkan supaya burung bisa merespon dengan lebih baik.

4. Bawa jalan-jalan sesering mungkin
Jika mungkin, ke manapun anda jalan keluar, bawalah burung love bird muda anda. Tidak hanya ke gantangan atau lapangan, anda juga sangat dianjurkan untuk membawa love bird anda jalan-jalan di sekitar rumah.

Anda juga bisa membawa burung love bird muda anda saat mengunjungi teman atau hanya sekedar bersantai di tempat-tempat tertentu. Metode ini sangat efektif dalam membentuk mental burung love bird karena sudah terbiasa dengan keramaian.

5. Latih burung dengan tepukan tangan
Burung love bird adalah burung yang bisa dikudang namun dengan cara tepuk tangan. Nah, dengan selalu memberikan tepuk tangan pada burung love bird anda, berarti anda mengajari burung love bird anda untuk selalu berbunyi. Hal ini sangat penting dilakukan supaya saat di lapangan nanti jika burung ngetem bisa dikudang dengan tepuk tangan sehingga bisa berbunyi lagi.

Sebenarnya metode yang terakhir ini tidak selalu efektif karena pada lomba-lomba dengan EO tertentu saat ini sudah tidak memperbolehkan tepuk tangan, apalagi teriak. Namun begitu, tidak ada salahnya jika anda tetap melatihnya untuk burung love bird muda anda.

5 Cara Membentuk Mental Love Bird Muda untuk Menjadi Calon Jawara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment