Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, January 17, 2017

Cara Membuat Minuman Sehat untuk Menjaga Stamina Burung Berkicau di Musim Hujan

Tipsburung.com - Musim hujan adalah waktu di mana biasanya burung-burung mengalami penurunan kondisi. Hal ini disebabkan karena cuaca yang kurang stabil, apalagi jika hujan turun terus-menerus dan jarang ada sinar matahari. Karenanya, burung memerlukan perawatan khusus yang sama sekali berbeda dengan musim kemarau.

Perawatan khusus di sini adalah perawatan yang disesuaikan dengan kondisi cuaca dan keadaan burung. Jika burung mengalami penurunan kondisi, maka perawatan harus lebih ditingkatkan lagi. Hal inilah kadang kala membuat kicaumania merasa panik karena burung tidak gacor lagi, apalagi jika sampai terjadi penurunan kesehatan.

sumber: burungnusantara.com

Hal yang paling penting dan harus dijaga dengan baik pada burung berkicau di musim hujan adalah staminanya. Tidak hanya untuk burung lomba atau kontes, stamina burung rumahan juga harus mendapatkan perhatian yang lebih. Sebab, hal ini bisa menentukan gacor dan tidaknya burung saat harian di rumah. Dan untuk burung lomba, stamina ini juga sangat menentukan performanya saat di lapangan.

Untuk itu, saat musim hujan, anda tidak hanya dituntut untuk memberikan perawatan yang baik untuk burung peliharaan anda. Anda juga harus menjaga staminanya supaya tetap gacor sepanjang hari.

Untuk menyikapi masalah ini, anda bisa membuatkan minuman sehat untuk burung anda. Minuman sehat dimasud adalah ramuan yang dibuat khusus untuk menjaga kesehatan dan stamina burung agar slalu prima.

Bahan-bahan ramuan sehat ini berasal dari alam dan bahkan merupakan bagian dari bumbu dapur paling utama yang terdiri dari 3 jahe, kunyit, dan kencur. Ketiga bahan ini sudah masyhur memiliki manfaat yang luar biasa pada kesehatan manusia. Tidak hanya untuk manusia, bahan-bahan ini jika diberikan pada burung, juga sangat bagus karena bisa menjaga kesehatan dan stamina burung.

Selain ketiga bahan di atas, ada pula satu bahan lainnya, ialah madu. Madu dimaksud bukanlah madu oplosan namun madu lebah murni, baik madu hasil lebah tangkaran maupun liar.

Lalu bagaimana cara membuat minuman sehat ini? Mudah sekali, anda hanya perlu mengambil semua bahan-bahan ini seukuran jempol tangan manusia dewasa lalu dikupas sampai bersih. Setelah itu, parut semua bahan-bahan tadi lalu dicampur dan taruh dalam mangkok.

Selanjutnya, tuangkan air panas secukupnya lalu biarkan hingga adonan dingin. Setelah itu, saring untuk diambil sarinya. Selanjutnya, bubuhkan atau tuangkan madu lalu aduk hingga rata. Anda juga bisa membubuhkan madu ini saat air masih dalam kondisi panas.

Setelah itu, minuman sehat ini bisa anda berikan pada burung sebagai pengganti air minum setidaknya 3 kali dalam seminggu. Dan pemberian yang lebih efektif adalah saat burung dientas dari jemuran. Sebab pada saat itu, burung dalam kondisi haus sehingga burung bisa langsung meminumnya.

Minuman sehat ini harus diganti setiap hari karena jika terlalu lama minuman ini bisa basi. Hal ini sangat berbahaya pada kesehatan burung.

Cara Membuat Minuman Sehat untuk Menjaga Stamina Burung Berkicau di Musim Hujan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment