Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 20, 2017

Perawatan Supaya Bulu Sogok ontong tidak Pudar

Tipsburung.com - Sogok ontong adalah burung master yang sangat digemari oleh para penghobi maupun pemain burung berkicau. Sebab, burung mungil ini mempunyai alunan suara yang sangat indah sehingga sangat cocok untuk masteran burung-burung lomba seperti murai batu, kacer, cendet, dan lain sebagainya. 


sumber: chanbokeo.com

Burung pemakan nektar ini mempunyai suara rol/ngerol dengan cengkok yang sangat bagus. Namun hal ini hanya bisa didapatkan jika  anda menggunakan burung asli alias bukan dari hasil rekaman. Karenanya, dalam memaster burung-burung kesayangannya, para pemain maupun penghobi lebih banyak menggunakan burung asli daripada versi audio.

Burung sogok ontong yang diperlihara dalam waktu lama atau rawatan lama sangat berbeda dengan sogok ontong yang baru dipelihara. Burung sogok ontong rawatan lama biasanya semua bulu menjadi pudar alias memutih. Hal ini disebabkan karena burung mengalami gangguan pada pigmen yang disebabkan karena asupan yang dimakannya sehari-hari.

Burung Sogok ontong dihabitatnya memakan nektar sehingga warna bulu menjadi sangat cerah dan kontras. Namun jika sudah masuk ke dalam sangkar alias dipelihara, burung ini sudah tidak makan makanan pokoknya tersebut.

Kita biasanya hanya memberikan susu kental, air gula, atau madu, padahal sebenarnya sogok ontong tidak pernah memakan makanan-makanan tersebut di alam bebas dan ini berpengaruh pada kecerahan warna bulu burung.

Untuk mencegah atau mengembalikan warna bulu sogok ontong supaya cerah kembali, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagaimana berikut.

Stop makanan-makanan ini
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyetop pemberian makanan yang bukan makanannya seperti susu dan madu di atas. Sebab kedua makanan ini sangat merusak pigmen burung sehingga warna bulu menjadi kusam.

Namun untuk air gula, sesekali anda tetap perlu memberikannya. Sebab, air gula yang tidak berlebihan tidak terlalu berpengaruh terhadap warna bulu burung sogok ontong.

Selain itu, air gula juga sangat penting diberikan pada burung sogok ontong karena dapat meningkatkan frekuensi bunyi burung. Selain itu, air gula juga bisa menyehatkan burung sogok ontong karena menjadi sumber tenaga burung.

Untuk itu, tidaklah mengherankan meskipun tanpa kroto, sogok ontong yang diberikan air gula akan tetap bisa berbunyi rajin.

Lebih baik berikan pakan ini
Daripada anda memberikan susu atau madu, lebih baik anda memberikan pakan yang alami saja. Pakan alami untuk burung sogok ontong ini sangat banyak, seperti buah pisang atau buah talok atau talokan.

Kedua buah ini hanya sebagai sampel saja karena masih banyak pakan alami lain yang sangat dibutuhkan oleh burung sogok ontong.

Untuk burung sogok ontong yang warna bulunya sudah terlanjur pudar, pemberian pakan alami ini sangat penting diberikan setiap hari. Bahkan hal ini membutuhkan konsistensi yang tinggi karena perubahan warna bulu sogok ontong ini memakan waktu yang tidak sebentar. Bahkan dalam beberapa kasus, kadang kala sampai menungggu waktu mabung.

Untuk buah pisang, pemberiannya sangat mudah. Anda cukup mengambil seukuran jempol tangan orang dewasa lalu masukkan ke dalam cepuk. Sedangkan untuk buah lain seperti talokan, maka buah ini harus diperas terlebih dahulu untuk diambil airnya. Selanjutnya, masukkan ke dalam cepuk lalu berikan pada burung sogok ontong.

Demikian cara merawat burung sogok ontong supaya mempunyai warna bulu yang indah alias tidak kusam. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba…!!!

Perawatan Supaya Bulu Sogok ontong tidak Pudar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment