Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, January 20, 2017

Manfaat Buah Naga untuk Burung Cucak Ijo yang Harus Anda Ketahui

Tipsburung.com - Sudah mafhum bahwa buah naga adalah buah yang mempunyai fungsi obat untuk manusia. Karenanya, selain enak dimakan, buah ini juga bisa menjadi penyembuh untuk berbagai gangguan kesehatan pada manusia, utamanya penyakit-penyakit berat.


Namun begitu, buah naga ternyata tidak hanya baik dikonsumsi manusia. Buah naga, baik merah maupun putih, juga bisa diberikan pada burung cucak ijo. Buah ini pun mempunyai fungsi yang sangat baik pada burung yang hampir semua badannya berwarna hijau ini.

Fungsi pertama buah naga untuk burung cucak ijo adalah menyetabilkan kerja burung di lapangan. Karenanya, buah naga ini bisa anda manfaatkan untuk mengatasi burung cucak ijo yang selalu tampil kurang memuaskan di lapangan.

Dengan diberikan buah naga, burung-burung yang biasanya kurang maksimal, biasanya akan menjadi sering masuk koncer. Kondisi ini dipengaruhi oleh kondisi birahi burung yang stabil sehingga burung bisa bekerja dengan baik di lapangan.

Karenanya, buah naga ini sangat direkomendasikan untuk diberikan pada burung-burung cucak ijo yang selalu tampil kurang memuaskan saat dilombakan.

Tidak hanya itu, buah naga juga bisa membuat cucak ijo kerja ngedur di lapangan. Dalam hal ini, burung cucak ijo jauh lebih ngotot dan rajin daripada biasanya.

Adapun pemberian buah naga untuk burung lomba seperti ini, setidaknya sudah diberikan sejak H-3 alias pada masa karantina. Selama tiga hari tersebut, burung cucak ijo tidak usah diberikan buah lain selain buah naga secara terus-menerus. Bahkan anda juga bisa memberikannya sampai di lapangan saat lomba tiba.

Selain untuk menyetabilkan kerja burung cucak ijo di lapangan, buah naga juga bisa dijadikan sebagai obat penurun birahi burung cucak ijo. Sebab, buah ini bersifat dingin sehingga sangat cocok diberikan pada burung cucak ijo yang mengalami kelebihan atau over birahi.

Sebagai buah penurun birahi, tentu saja buah ini hanya boleh diberikan pada burung cucak ijo yang mengalami over birahi supaya stabil. Beberapa ciri dari cucak ijo yang mengalami over birahi ialah seperti melet dan ngembung.

Lalu bagaimana dengan burung cucak ijo dengan birahi yang stabil, apakah tidak diperbolehkan diberikan buah naga? Tentu saja tetap boleh namun hanya sebagai variasi buah. Dan karena hanya sebagai variasi, maka buah ini hanya diberikan sewajarnya saja.

Idealnya, buah naga ini diberikan tidak lebih dari sekali dalam setiap minggunya. Namun jika ada gejala-gejala burung mengalami lonjakan atau penurunan birahi, maka pemberian buah naga harus disesuaikan dengan kondisi burung. Sebab tentu saja tidak semua burung bisa mempunyai dampak yang sama antara satu dengan lainnya.

Sebelum buah ini diberikan, hendaknya dicuci sampai bersih terlebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya buah ini bernar-benar bersih, baik dari kotoran maupun bahan-bahan kimia dari obat-obatan tertentu yang mungkin menempel pada kulit buah. Setelah itu, buah naga ini bisa langsung diberikan pada burung cucak ijo anda.

Manfaat Buah Naga untuk Burung Cucak Ijo yang Harus Anda Ketahui Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment