Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, January 17, 2017

Orong-orong, Ekstra Foding Alternatif untuk Mengatasi Kacer Kurang Ngotot saat Lomba

Tipsburung.com - Ada banyak kasus di mana kacer tampil kurang maksimal saat lomba sehingga burung gagal mendapatkan bendera juri. Salah satu kasus yang sering terjadi adalah burung kacer ngetem akibat kurang ngotot. Hal ini tentu saja bisa mengurangi penilaian dari juri sehingga kacer bisa kurang layak untuk mendapatkan bendera nominasi, apalagi bendera koncer.

Burung kacer kurang ngotot di lapangan sangat identik dengan kacer yang kurang birahi. Karenanya, dalam banyak kasus, burung kacer yang ngetem dan kurang ngotot sudah pasti burung tidak memiliki birahi yang pas. Dalam hal ini, birahi burung kacer berada di bawah standar sehingga burung kurang mendapatkan emosi saat bertarung di lapangan.




Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja birahi burung anda kacer  harus ditingkatkan. Caranya adalah dengan memberikan takaran ekstra foding (EF) yang lebih banyak. Sebab hanya ekstra foding yang paling efektif dalam menaikkan birahi burung kacer.

Di samping memberikan kroto, anda sangat disarankan untuk menambahkan jenis EF lain ke dalam menu burung kacer anda menjelang lomba, tepatnya pada masa karantina menjelang lomba. EF dimaksud adalah hewan melata yang disebut orong-orong.

Orong-orong termasuk ke dalam salah satu jenis serangga dan makanan utama burung pemakan serangga, termasuk burung kacer. Hewan ini mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga sangat dianjurkan dibertikan pada burung kacer yang kurang ngotot saat di lapangan.

Orong-orong ini setidaknya harus diberikan pada masa karantina bersama EF lainnya seperti jangkrik dan kroto. Namun sebelum anda memberikannya, pastikan kepala dan semua kaki orong-orong ini dibuang terlebih dahulu.

Kepala dan kaki orong-orong sangat keras sehingga kurang aman jika diberikan pada burung kacer. Apalagi orong-orong mempunyai kaki depan dan belakang yang sangat kuat di mana jika sampai termakan oleh kacer, bisa melukai tenggorokan burung.

Pemberian orong-orong ini harus diatur dan ditakar. Jika birahiburung kacer anda sangat rendah, maka jumlah orong-orong harus diperbanyak, setidaknya 2-3 ekor setiap harinya. Namun jika burung kacer hanya perlu sedikit lebih ngotot, pemberian orong-orong bisa diberikan 1 saja setiap hari.

Pemberian orong-orong ini bisa diberikan saat pagi hari atau sore hari saja, sesuai dengan kondisi anda. Sebab untuk mendapatkan seekor orong-orong bukan persoalan mudah, kecuali anda memang sedang beruntung.

Orong-orong, Ekstra Foding Alternatif untuk Mengatasi Kacer Kurang Ngotot saat Lomba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment