Blog Burung | Tutorial Burung

Friday, March 10, 2017

Penyebab dan Solusi Burung Love Bird Mencabut Bulu Setelah Mandi

Tipsburung.com - Love Bird adalah burung yang mudah sekali mengalami cabut bulu jika sedang mengalami over birahi. Karenanya, kasus love bird “kanibal” seperti ini sangat banyak terjadi. Dan menganai hal ini, tipsburung.com sudah pernah membahas solusinya pada artikel sebelumnya, Membedah Misteri Penyebab Burung Love Bird Nyabut Bulu.
 


Lalu bagaimana jika kasus yang terjadi burung love bird mencabut bulu hanya ketika selesai mandi? Kasus burung love bird seperti ini tidak kalah banyaknya, akibatnya banyak love bird mania yang frustrasi. Sebab, love bird seperti ini sejauh ini belum bisa disembuhan. Bahkan jika dimandikan terus, tentu bulu burung akan habis dicabut.

Sama seperti pada kasus burung love bird yang mencabut bulu akibat over birahi di atas, sasaran burung love bird seperti ini juga pada area dada dan sekitarnya. Akibatnya, bulu dada dan sekitarnya bisa gundul sama sekali.

Nah, kondisi burung love bird seperti ini tentu saja tidak enak bila dipandang. Bahkan jika burung love bird Anda ini adalah burung lomba, tentu saja Anda akan merasa tidak percaya diri untuk digantang. Bahkan mungkin kondisi burung Anda ini juga bisa mengurangi poin penilaian karena bisa dikategirikan burung cacat.

Lalu apa sebenarnya penyebab burung love bird mencabut bulu setelah mandi? Secara ilmiah maupun medis, belum diketahui secara pasti. Namun yang jelas, kondisi ini berkaitan erat dengan kelainan hormon sehingga kulit burung menjadi sangat sensitif. Karenanya, jika kulit burung love bird tersebut terkena air, maka menjadi sangat gatal sehingga mencabut bulu.

Barang kali pula, kondisi burung love bird seperti ini terjadi karena ada kelainan pada bulu atau pigmen burung. Bulu burung juga menjadi sangat sensitif sehingga selalu merasa tidak enak jika terkena air.

Lalu bagaimana solusinya? Untuk menyikapi burung love bird seperti ini, hendaknya tidak usah dimandikan. Sebab jika dimandikan terus sebagaimana burung love bird pada umumnya, bulu love bird anda bisa habis karena burung akan tetap mencabutnya.

Karenanya, jangan mandikan burung love bird anda tetapi biarkan mandi sendiri dalam sangkar. Hal ini bisa mengurangi risiko love bird anda cabut bulu. Yang terpenting, berikan cepuk berukuran besar di dalam sangkar sehingga burung bisa mandi sendiri sesuai dengan nalurinya sendiri.

Berdasarkan banyak pengalaman, burung love bird yang mencabut bulu setelah tetapi mandi sesuai dengan naluri atau keinginannya, burung tersebut tidak akan mencabut bulunya lagi. Sebab, burung mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuhnya.

Lalu bagaimana jika suatu waktu burung love bird tersebut mengalalami over birahi? Masihkan ia tidak perlu dimandikan? Ya, tentu saja burung love bird tersebut tetap tidak perlu dimandikan jika Anda ingin bulu burung love bird Anda tersebut tetap bagus/utuh.

Terus apa yang perlu dilakukan untuk menurunkan birahi love bird tersebut? Berikanlah buah-buahan penurun birahi seperti mentimun. Sebab, selain baik untuk kenari, mentimun juga bisa diberikan pada burung love bird.

Selain itu, anda juga bisa memberikan air rebusan daun kemangi secara rutin setiap hari sebagaimana telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, Daun Kemangi Turunkan Birahi Love Bird dengan Cepat. Air ini terbukti sangat ampuh dalam mengendalikan birahi burung apapun, termasuk burung love bird.

Dengan cara di atas, besar kemungkinan burung love bird Anda akan menjadi normal, layaknya burung yang tidak mempunyai masalah. Karenanya, burung tersebut bukan hanya enak dipandang namun juga bisa membuat anda percaya diri kembali jika hendak menggantang atau melombakannya.

Penyebab dan Solusi Burung Love Bird Mencabut Bulu Setelah Mandi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: leo sayoga

0 komentar:

Post a Comment