Blog Burung | Tutorial Burung

Saturday, March 18, 2017

Teknik Mencetak Burung Cendet Supaya Tidak Berbunyi Kutilang

Tipsburung.com - Bagi sebagian orang, materi kutilang pada burung cendet seperti momok yang sangat ditakuti. Hal ini disebabkan karena suara ini termasuk materi mati dan juga tidak enak untuk didengarkan. Bahkan konon ada anggapan yang sampai mengatakan bahwa meteri kutilang tersebut bisa ngunci burung. Maksudnya, setelah cendet membawakan materi gereja, cendet tersebut akan berhenti alias ngetem.

Untuk sebagian lainnya, materi mati seperti bunyi kutilang bukanlah hal yang harus dihindari jika memang sudah terlanjur masuk pada kutilang. Sebab, materi ini tidak berpengaruh sedikitpun terhadap kualitas cendet, terutama kaitannya dengan penampilannya saat di lapangan. Ketakutan mereka adalah hal yang kurang beralasan dan hanya dipengaruhi oleh blantik atau pengepul burung cendet saja yang ingin membeli burung dengan harga miring.



Pilih cendet trotol yang masih piyik

Namun terlepas dari pro dan kontra di atas, cendet yang berbunyi kutilang memang kurang indah kedengarannya di telinga. Dan hal ini memang sangat sulit untuk dihindari akibat banyaknya indukan kutilang di alam liar. Hal ini mau tidak mau harus diakui sebagai modal utama cendet trotol bisa bersuara kutilang kelak ketika sudah besar.

Suara apapun yang sudah ditirukan oleh burung cendet, termasuk suara kutilang, tidak bisa dihilangkan karena memori burung predator ini sangat kuat. Akibatnya, bagi anda yang tidak suka dengan suara kutilang ini tidak bisa menolaknya jika sudah masuk pada cendet anda. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah ini ialah dengan melego cendet tersebut dengan yang baru.

Di tengah banyaknya burung kutilang di alam liar seperti ini, apakah mungkin kita bisa mencetak cendet trotol supaya tidak bersuara kutilang di kemudian hari? Bisa, asalkan anda mengetahui dengan betul bagaimana cara memaster burung yang baik.

Berdasarkan pengalaman yang selama ini tipsburung.com lakukan, untuk menghindari cendet trotol supaya kelak tidak bersuara kutilang, kami melakukan beberapa hal berikut.

Pemilihan cendet trotol
Supaya cendet trotol tidak berbunyi suara kutilang, pilihlah cendet trotol yang masih sangat kecil. Kalau perlu, pilih yang masih loloh, maksimal usia voer basah. Jika usia di atas itu, apalagi sang empunya tidak pernah memasternya, otomatis cendet trotol tersebut sudah terifeksi oleh suara-suara mati, termasuk suara kutilang.

Pilih tempat pemasteran yang aman
Jika lingkungan anda terdapat banyak kutilang liar, tempatkan cendet trotol anda di ruangan yang paling jauh dari keramaian bunyi burung kutilang. Ruang master ini idelnya memang harus aman dari suara burung lain yang tidak kita inginkan karena burung ini sangat cerdas.

Teledor sedikit saja, burung cendet ini bisa kemasukan suara yang aneh-aneh. Karenanya, akan lebih efektif jika anda memilih ruang pemasteran ini jauh dari burung yang tidak anda inginkan, termasuk burung kutilang.

Jauhkan dari burung yang bersuara kutilang
Yang bisa menirukan suara kutilang bukan hanya cendet namun hampir semua burung. Karenanya, jauhkan cendet trotol anda tersebut dari burung apapun yang bersuara kutilang. Sebab, suara tersebut bisa menular dan ditirukan oleh burung cendet dengan sangat cepat.

Jangan mencampur cendet trorol berbeda usia
Anda juga tidak boleh mencampur cendet trotol dalam satu tempat jika berbeda usia, apalagi jika anda tidak mengetahui silsilah burung tersebut. Besar kemungkinan burung cendet yang lebih tua tersebut sudah terinfeksi oleh suara kutilang. Namun jika tidak, tentu saja tidak menjadi masalah.

Jangan ditrek di usia muda
Masalahnya bukan karena usia cendet trotol anda masih muda namun karena cendet yang bersuara kutilang sangat banyak di sekitar anda. Karenanya, jangan pernah cendet trotol anda ditrek dengan cendet bersuara kutilang jika masih di bawah usia 8 bulan. Sebab usia di bawah itu, kecerdasan burung cendet masih berada pada level sangat jenius. Namun begitu, jika lawan-lawan cendet anda tidak ada yang berbunyi kutilang, tentu saja tidak menjadi masalah.

Demikian tips mencetak cendet trotol supaya tidak bersuara kutilang kelak ketika sudah dewasa. Semoga bermanfaat….!!!

Teknik Mencetak Burung Cendet Supaya Tidak Berbunyi Kutilang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Leo Sayoga

0 komentar:

Post a Comment