Blog Burung | Tutorial Burung

Tuesday, April 4, 2017

Tips Paling Jitu Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Dada, 100% Work!

Tipsburung.com - Cabut bulu adalah kasus yang paling sering terjadi pada burung Lovebird daripada burung lainnya. Tidak sedikit dari kita yang sampai merasa frustrasi karena burung tidak kunjung sembuh padahal berbagai cara telah dilakukan.

Burung Lovebird mencabut bulu tentu saja sebagai kasus yang banyak menguras tenaga dan pikiran, apalagi anda tidak mengetahui penyebabnya. Sebab, kasus ini memerlukan teori khusus yang sangat jitu karena sangat susah untuk disembuhkan.




Jika pada burung lain mencabut bulu bisa disembuhkan dengan pemangkasan EF dan mandi malam, untuk Lovebird hal ini tidak efektif. Karenanya, dalam artikel kali ini akan dijelaskan mengapa Lovebird bisa seperti itu dan bagaimana cara terbaik penanganannya.

Over birahi
Rata-rata Lovebird yang mencabut bulu disebabkan karena burung mengalami birahi yang sangat tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena pola perawatan yang salah atau pemberian EF yang berlebihan.

Ketika Lovebird mengalami kondisi birahi seperti ini, umumnya sulit dikendalikan. Sebab, birahi Lovebird sangat “bandel” sehingga sulit diturunkan jika hanya mengandalkan mitode umum dan sederhana seperti mandi malam, sering mandi, pengembunan, dan lain sebagainya.

Cara yang paling efektif dan sangat rekomended adalah memberikan rebusan daun kemangi (penjelasan detailnya silakan baca di SINI). Selain itu, Anda sangat disarankan untuk mengawinkannya dengan Lovebird lain. Jika misalnya Lovebird Anda betina, Anda bisa mencarikan Lovebird  jantan sebagai pasangannya.

Saat kawin, biarkan Lovebird Anda di situ sampai burung merasa puas. Bahkan jika sampai bertelur atau produksi, ini keuntungan tersendiri bagi Anda. Sebab, Anda akan mendapatkan Lovebird baru dari indukan yang over birahi tadi.

Selama anda mencampurkan Lovebird anda dengan pasangannya, pantulah setiap waktu. Sebab Lovebird seperti ini sering kali sangat ganas sehingga kerap kali menyerang pasangannya. Hal seperti ini bukan menurunkan birahi namun burung akan semakin ganas.

Namun dalam beberapa kasus, Lovebird anda yang over birahi ini biasanya akan langsung minta kawin pada pasangannya. Karenanya, anda sangat disarankan untuk mencari pasangan Lovebird anda yang sudah benar-benar siap kawin.

Kekurangan gizi
Nah, Lovebird kurang gizi juga berpotensi menyebabkan burung mencabut bulu. Hal ini disebabkan karena tubuh burung merasa tidak nyaman / enak dengan kondisi badannya. Bisa saja Lovebird merasa bulu-bulu atau kulitnya terasa sangat gatal atau kondisi lainnya. Akibatnya, bulu dada menjadi sasaran paling utama untuk dicabut sebagai pelampiasannya.

Untuk mengatasi Lovebird seperti ini, tidak ada cara lain selain memberikan pakan berkualitas setiap hari pada Lovebird anda. Penuhi gizi Lovebird dengan cara memberikan biji-bijian yang lengkap, memberikan sayur dan buah secara variatif, dan memberikan multivitamin.

Demikianlah cara paling jitu dalam mengatasi Lovebird yang mencabut bulu dada. Burung Lovebird ini sudah termasuk kondisi ekstrem dan karenanya diperlukan metode khusus seperti ini untuk menanganinya.

Tips Paling Jitu Mengatasi Lovebird Cabut Bulu Dada, 100% Work! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: leo sayoga

0 komentar:

Post a Comment