Blog Burung | Tutorial Burung

Monday, April 3, 2017

Tips Pengobatan dan Perawatan Burung Lovebird Nyilet

Tipsburung.com - Burung lovebird nyilet bisa diartikan sebagai sebuah kondisi di mana burung mengalami penurunan berat badan secara drastis. Dalam kondisi ini, dada burung lovebird sampai nyaris tidak terdapat daging sama sekali sehingga jika dipegang yang tampak hanya tulang dada yang seperti silet. 

Sumber: barubatu.blogspot.co.id

Nah, atas dasar inilah burung lovebird yang seperti ini disebut sebagai lovebird nyilet.

Semua burung mempunyai potensi untuk mengalami nyilet. Tidak terkecuali lovebird, burung lain pun juga sangat mungkin mengalami gangguan kesehatan seperti ini.

Jika melihat kondisinya, lovebird nyilet disebabkan oleh beragam hal yang sangat kompleks. Namun secara umum, kondisi ini disebabkan karena dua hal sebagaimana berikut.

Nyilet akibat perawatan kurang bagus
Pertama, lovebird nyilet disebabkan karena perawatan yang kurang bagus. Hal ini terjadi akibat kurang pahamnya anda dalam memberikan rawatan pada burung atau karena kelalaian anda yang memang disengaja. Akibatnya, burung menjadi kurang sehat dan lama kelamaan menjadi kurus.

Dalam konteks ini, mungkin burung mengalami gizi buruk akibat kurang terjaminnya gizi dari asupan yang dimakannya setiap hari. Karenanya, di samping memberikan sayur dan jagung secara rutin, anda juga sangat dianjurkan untuk memberikan biji-bijian yang lengkap, terutama koaci.

Selain itu, kurangnya porsi pakan setiap hari juga bisa membuat burung lovebird mengalami nyilet. Hal ini disebabkan karena asupan yang dimakan setiap hari tidak memenuhi standar gizi burung.

Tidak hanya itu, porsi pakan yang sedikit membuat burung tidak cukup mendapatkan energi sehinga burung merasa lemas setiap hari. Kondisi ini pada akhirnya akan membuat burung menjadi kurus karena tubuh burung kekurangan energi secara terus-menerus.

Untuk mengatasi burung lovebird nyilet seperti ini, anda bisa memberikan rawatan seagaimana berikut.


  1. Bersihkan kandang, cuci cepuk pakan maupun minum setiap hari
  2. Ganti pakan dan minum setiap hari dengan porsi yang cukup
  3. Untuk biji-bijian, berikan yang berkualitas yang saat ini sudah banyak dijual di pasaran. Namun begitu, pakan berkualitas bukan berarti mahal namun pakan yang memenuhi standar gizi burung.
  4. Berikan sayuran secara variatif, terutama yang paling disenanginya.Bisa berupa jagung manis, tauge, kangkung, apel, dan sebagainya.
  5. Berikan multivitamin supaya burung lovebird sehat dan lahap makan
  6. Untuk mandi dan jemur lakukan seperti biasa

Nyilet akibat penyakit
Lovebird nyilet juga bisa disebabkan karena sebuah penyakit yang mendasarinya. Bisa saja burung lovebird sedang mengalami penyakit cacing sehingga sebanyak apapun burung makan, ia akan tetap menjadi kurus sebab gizi makanan tersebut diserap oleh cacing.

Untuk mengobatan dan perawatan lovebird nyilet karena penyakit seperti ini, dapat dilakukan sebagai berikut.


  1. Sendirikan burung supaya lebih nyaman dalam pemantauan dalam sehari-harinya
  2. Mandi stop terlebih dahulu namun untuk jemur tetap harus dilakukan di pagi hari.
  3. Jaga kebersihan sangkar dan aksesorisnya setiap hari
  4. Ganti pakan dan minum setiap hari
  5. Berikan pakan yang berkualitas, tertutama pakan yang enak-enak menurut burung lovebird.
  6. Berikan obat cacing (seperti kombantrin tablet) setiap hari selama tiga hari, masing-masing sebesar beras.
  7. Anda juga bisa mencapurkan obat cacing ini dengan air minum atau pada pakan.
  8. Dalam beberapa hari, cacing biasanya akan keluar bersama kotoran.
  9. Setiap hari burung bisa diistirahatkan dengan cara dikerodong. Namun jika khawatir burung jadi kurang makan, sebaiknya dibuka saja.

Demikian cara pengobatan dan penanganan burung lovebird yang mengalami nyilet. Selamat mencoba dan semoga berhasil...!!!

Tips Pengobatan dan Perawatan Burung Lovebird Nyilet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: leo sayoga

0 komentar:

Post a Comment